Apresiasi Pada KK Tabut Bencoolen 2019

Gubernur dan Ketua KKT disambut dengan Sekapur Sirih.

Bengkulu, SM – Festival Tabut Bencoolen 2019 usai dibuka, Sabtu malam (31/08/2019) di Lapangan Merdeka (Dulunya Padang Gereja) dengan kemeriahan pentas seni dan budaya kebengkuluan. Pentas seni terus akan berlanjut, termasuk tinggal prosesi ritual Tabut itu sendiri.

Gubernur Bengkulu yang juga Rajo Agung II,  DR H Rohidin Mersyah mengapresiasi pada Kerukunan Keluarga Tabut Bencoolen, yang di ketuai Mamu Achmad Syiafril Syahbudin,  yang konsisten menjaga ritual budaya Bengkulu yang  berlangsung setiap tahunnya. Festival Tabut turut menjadi perekat silaturrahmi antara pemerintah dan masyarakat termasuk  para penggiat seni dan budaya di Provinsi Bengkulu.

Pada tahun mendatang, Rohidin berharap event ini semakin semarak, dengan nilai budaya yang semakin kaya, serta keterlibatan pelaku ekonomi yang kuat dan semakin besar. Sehingga gerak ritual budaya yang diselenggarakan, mampu mengakselerasi peningkatan ekonomi dan Pembangunan daerah.

Sidang Rajo Penghulu sebelum pembukaan Festival Tabut 2019.

Menuju Visit 2020 Wonderful Bengkulu, Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama pemerintah kabupaten, kota semakin gencar menggelar event dan promosi pariwisata.  Wonderful Bengkulu 2020 merupakan titik awal membangun semangat, dalam menampilkan atraksi sajian budaya dan mempersiapkan masyarakat yang sadar wisata, dengan segala atraksi serta infrastruktur pendukungnya.

” Tahun 2020 itu bukan puncaknya, tapi sesungguhnya kita ingin meletakkan batu pertama bahwa pariwisata menjadi salah satu sektor andalan penggerak ekonomi Bengkulu”, jelas gubernur yang membuka Festival Tabut dengan menabuh  Dhol bersama, dan melepas Kerukunan Keluarga Tabut untuk melakukan prosesi “mengambik tanah” di daerah Nala Pantai Panjang Kota Bengkulu, dengan berjalan kaki sekitar 3 Km.

Selain ritual utama, pada perayaan Tabut tahun ini diselenggarakan lomba seni budaya. Diantaranya lomba Dhol,  tari kreasi  serta lomba nyanyi Melayu. Masyarakat yang hadir juga disuguhkan pertunjukan seni dari lima negara, yang turut berpartisipasi memeriahkan Festival Tabut Bencoolen 2019. Kelima negara itu Malaysia, Jepang, Jerman, India dan Tanzania. (ck)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.