Arahan Kapolres Rejang Lebong Pada Personil Pengamanan TPS

Pengarahan pengamanan Pemilu 2019 oleh Kapolres Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.,

Rejang Lebong, SM – Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika S.IK memberikan arahan khusus pada seluruh personel Polres yang terlibat pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di Pemilu 2019, Sabtu (17/11).

Tindakan preventif ini, usai Polres Rejang Lebong diberikan penilaian sebagai Polres yang paling siap menghadapi Pemilu.  Polres Rejang Lebong terus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi Pemilu serentak 2019 mendatang. Kegiatan digelar untuk mengecek kesiapan personil Polres, dalam melaksanakan pengamanan TPS Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Kapolres Jeki Rahmat Mustika menyampaikan, dalam menghadapi Pemilu,  perlu adanya kesiapan pengamanan, agar Pemilu di Kabupaten Rejang Lebong  berjalan tertib, aman dan lancar.

“Saya berikan waktu satu minggu kedepan,  kepada seluruh personil yang terlibat pengamanan di TPS, untuk siap data di tempat bertugas masing-masing. Data lokasi, petugas, data kerawanan, jumlah DPT dan potensi ganguan. Termasuk  cara penanganannya. Jangan lupa untuk mendata tokoh masyarakat, agama,  agar Pemilu berjalan aman”,  jelas Kapolres Rejang Lebong, Jeki Rahmat Mustika saat memberikan arahan di jajarannya.

Kepada seluruh personil kata Kapolres, untuk meningkatkan pengamanan khusus pada kotak suara. Ini disampaikan, lantaran kotak suara di Pemilu 2019 mendatang terbuat dari bahan kardus yang sangat rawan terjadi kerusakan. “Mengingat kondisi medan dan karakteristik wilayah Rejang Lebong yang banyak berada di lokasi yang sulit dijangkau. Medan yang terjal. Jadi semua kemungkinan bisa saja terjadi. Untuk itu, personil yang bertugas harus antisipasi situasi itu”, ujar Kapolres Jeki.

Materi selanjutnya dipaparkan  Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong,   AKP Jeri Nainggolan S.IK yang memaparkan teknis penanganan sengketa Pemilu di Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Sedangkan Kasat Intelkam Polres Rejang Lebong, AKP Wiwid Hartono SE memaparkan potensi kerawanan Pemilu.

Para petugas TPS juga dibagikan buku saku untuk panduaan tugas. Kabag Ops Rejang Lebong, AKP Arie Yansyah langsung memberikan arahan. Petugas juga diingatkan kepada seluruh personil, untuk segera melaksanakan pengenalan Lokasi TPS dan tingkat kerawanan sesuai arahan Kapolres Rejang Lebong, pada acara. (ck)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.