Balai Adat Akan Dialih Fungsikan Untuk Kantor Dinas

Gedung Balai Adat Kota Bengkulu sebagai pusat budaya yang diterlantarkan.

Bengkulu, SM – Gedung Balai Adat Kota Bengkulu , akan dialih fungsikan  untuk Dinas Pariwisata  Kota Bengkulu. Ini mengingat  kantor yang ada sudah tidak layak dan milik Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Hal ini terungkap  saat kunjungan  Anggota  Komisi II DPRD Kota Bengkulu, yang meninjau langsung  kondisi Gedung  Balai Adat yang kian rusak dan terbengkalai/. Dewan siap kucurkan dana untuk  merenovasi  Gedung Balai Adat.

“Yang jelasnyakan dari Komisi II mendapat laporan dari Dinas Pariwisata. Setelah kita sidak disana, memang kondisinya  sangat memprihatinkan. Pemerintah Kota berencana, dari pada ini terus terbengkalai baiknya  Dinas Pariwisata disana. Lebih baik disini,  kalau memang dapat persetujuan”,  kata Ketua DPRD Kota Bengkulu,  Suprianto, Kamis, (7/11/2019).

Kunjungan Anggota DPRD Kota Bengkulu.

Geduang Balai Adat Kota Bengkulu, merupakan bangunan era Walikota  Bengkulu H Ahmad Kanedy, yang diresmikan saat Hari Ulang Tahun Pemerintah Daerah ke-293, pada 17 Maret 2012 lalu.

Dikatakan Suprianto,  gedung yang sangat layak untuk dijadikan Kantor Dinas Pariwisata Kota Bengkulu ini, akan direnovasi, yang biayanya akan dianggarkan senilai  Rp 6,5 Miliar.

“Gedung ini sangat layak untuk dijadikan Kantor Dinas  Pariwisata kota, karena letaknya sangat strategis dengan Pariwisata itu sendiri,  dengan Pantai Panjang, Benteng dan disini juga sering diadakan even Tabut. Nah saya rasa memang pas”,  ujar Suprianto.

Diakuinya, anggota dewan sempat ke Dinas Pariwisata Kota Bengkulu, memang kondisinya sangat miris sekali, gedung maupun fasilitasnya. “Gedungya juga bukan milik kita, tetapi milik Pemda Provinsi.  Insa Allah kedepanya nanti, kalau memang diizinkan oleh Pak Walikota  bahwa Kantor BMA ini kita rehap, kita jadikan Kantor Dinas Pariwisata Kota”.

Nanti dibawah gedung  ungkap Suprianto,  bisa juga tempat kuliner. Diatas tempat-tempat acara selanjutnya, seperti acara pesta dan sebagainya. Itu juga bisa menghasilkan PAD.(CW4)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.