Bengkulu Terima Penghargaan Kota Layak Anak dan Puskesmas Ramah Anak

Suara Melayu, Bengkulu  – Kota Bengkulu kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, karena berhasil menyabet dua predikat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

“Kota Bengkulu mendapat dua penghargaan sekaligus yaitu  Puskesmas Ramah Anak dan Kota Layak Anak,  yang  diserahkan oleh Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Dyandna Convention Center,  Jalan Basuki Rachmat 93-105  Kota Surabaya”, kata Kepala Bapelitbang Kota Bengkulu, Riduan, Selasa (24/7).

Penghargaan diserahkan pada Senin (23/7) malam, merupakan  komitmen Kota Bengkulu terhadap pembangunan yang memenuhi dan memperhatikan hak-hak anak. Selain itu, ini juga merupakan sebagai pelengkap pada penghargaan Kota Peduli  Hak Azazi Manusia (HAM) yang diberikan pada 2017 silam.

“Kota Peduli HAM diberikan oleh Menteri Hukum dan Ham di Solo tahun 2017 yang lalu”, ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala DP3AP2KB Rosmidar melalui Kabid Perlindungan Anak DP3AP2KB Kota Bengkulu Ratna menyampaikan, penghargaan ini telah melewati tahapan penilaian adminitrasi dan penilaian langsung oleh tim penilai di lapangan. Dengan melewati beberapa proses serta penilaian yang meliputi empat cluster,  yaitu kelembagaan, hak sipil, kesehatan, dan pendidikan.  Kota Bengkulu mendapatkan poin 684,  dengan nilai standar di atas 550 dan menyandang predikat madya.

Untuk Puskesmas ramah anak katanya, Puskesmas Jalan Gedang  Kota Bengkulu yang terpilih. Ini karena memenuhi beberapa kriteria,  seperti tersedia ruang tunggu anak, toilet ramah anak dan tempat bermain anak.

“Untuk program kerja kedepan,  DP3AP2KB akan membentuk program baru yakni forum anak di 67 Kelurahan di Kota Bengkulu”, jelasnya. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.