Bentuk Karakter Mahasiswa dan Perkuat Ideologi Kebangsaan

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah (Tengah) besama mahasiswa IAIN Bengkulu.

Berita Terbit, Bengkulu– Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, memperkuat mental dan karakter mahasiswa,  menjadi modal dasar memelihara ideologi, NKRI dan memelihara keberagaman bangsa.

Ini sampaikan Rohidin,  usai menyampaikan materi  Kuliah Umum  di kegiatan Stadium General Mahasiswa, di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu,  Selasa (13/11). Pada acara bertema  “Peran Kampus Dalam Pembinaan Ideologi Bangsa”,  Rohidin tegaskan, penguatan ideologi bangsa tidak hanya dari pihak kampus. Melainkan menjadi tanggungjawab bersama semua pihak.

“Maka mahasiswa itu mental karakternya yang perlu diperkuat. Pembentukan karakter yang kita persiapkan,  untuk menjadi pemimpin di masa depan”.

Soal  banyaknya permasalahan,  munculnya ideologi-ideologi yang cenderung mencederai, dikatakan Rohidin, itu membutuhkan pengawasan dan pengawalan pihak kampus secara komprehensif. Namun tetap memperhatikan asas toleransi. Sehingga, jika terjadi beda pandangan sekelompok mahasiswa dan manajemen kampus,  bisa diselesaikan secara baik.

Adanya kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), soal diperbolehkannya organisasi ekstra kampus masuk ke kampus lagi, dan diminta berinteraksi secara baik dengan organisasi intra kampus.  “Ini harus kembali mendapatkan perhatian dari pihak kampus. Sehingga pengawasan dan pengawalan ideologi bangsa bisa secara besama dilakukan. Bukan hanya dari pihak kampus, namun juga oleh seluruh mahasiswa”,  pungkasnya.

Rektor IAIN Bengkulu,  Prof  Sirajuddin juga memaparkan , penanaman ideologi terhadap mahasiswa, merupakan fokus pihaknya dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Terkait apa yang disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, jelas menjadi sangat bermanfaat dalam penguatan karakter mahasiswa IAIN Bengkulu.

“Jelas apa yang disampaikan Pak Gubernur sangat bermanfaat bagi kami pihak kampus dan mahasiswa IAIN Bengkulu. Melangkah pasti mengawal dan mendukung pembangunan bangsa, khususnya Provinsi Bengkulu. Dengan dasar ideologi kebangsaan yang kuat, karakter generasi bangsa akan semakin kuat”,  jelasnya Sirajuddin. (MC).

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.