BPS Sumber Data Utama Berkualitas

bpsBerita Terbit, Bengkulu – Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan satu-satunya lembaga sumber data utama, yang digunakan untuk mengambil kebijakan serta penyusunan perencanaan. Ini sesuai Instruksi Presiden RI.

BPS diharapkan dapat meningkatkan kualitas data, serta tetap menjaga independensi, agar data yang disajikan merupakan data yang berkualitas.

“Sebagai satu–satunya sumber utama data kita, maka memang harus terus dilakukan oleh BPS adalah peningkatan kualitas data. Kemudian independensi harus betul-betul dijaga dengan baik”,  jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, saat ramah tamah, dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) 2018, di kantor BPS Bengkulu, Rabu (26/9).

Provinsi Bengkulu sendiri katanya, juga merasakan kontribusi yang diberikan BPS, dengan gambaran kondisi pertumbuhan perekonomian hingga tingkat pengangguran yang ada.

“Melaui BPS, saya mendapat bagaimana inflasi, hingga gambaran kondisi ekonomi Bengkulu. Termasuk angka pengangguran, kemudian tingkat hunian hotel. Saya kira, ini menjadi dasar yang sangat penting dalam penyusunan kebijakan, maupun menyusun kerangka pembangunan Provinsi Bengkulu”, ungkap Rohidin.

Menamnggapi itu, Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani menjelaskan,  tantangan terberat yang dialami BPS saat ini,  menghasilkan data yang berkualitas. Sebab, ada berbagai hal yang mempengaruhi hal tersebut. Baik karena petugas yang kurang menggali informasi, maupun pada responden.

Pada kesempatan ini, BPS memberikan penghargaan kepada responden resposnsif, yang diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu.  Responden sangat menentukan kualitas data.

“Kalau responden menolak atau memberikan jawab yang asal-asalan, tentu data yang dihasilkan akan tidak berkualitas”, terangnya. Karena itu Dyah mengajak masyarakat sama– sama membangun bangsa ini, dengan berlandaskan informasi yang benar atau data yang berkualitas.

Hari Statistik ini tegasnya, bukan hanya harinya BPS. Tetapi adalah hari kita semua seluruh masyarakat Indonesia”, tambahnya.(ADV/gmp).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.