Bupati Lambar Buka Acara Bursa Inovasi Desa

Suara Melayu, Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat,  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Pekon (DPMP), gelar acara bursa inovasi desa Kabupaten Lampung Barat, Tahun 2018 di GSG Nata Maghga, Kamis (13/09).

Acara dibuka Bupati Lambar, Parosil Mabsus  yang dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintah dan Kesra, Ruspan Anwar.  Termasuk Kepala OPD,  unsur Muspika, Forkompinda.

Kehadiran UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa,  dimana pemerintah memberikan kewenangan penuh kepada desa,  untuk melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Ini  sesuai dengan kondisi dan situasi desa masing-masing. Hal itu untuk mendukung desa dalam melaksanakan kewenangannya.

Pemerintah telah mengucurkan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) sejak Tahun 2015. Dengan adanya kucuran dana ke pekon-pekon kata Parosil, diharapkan pekon berkemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Skala Prioritas

Adanya empat  prioritas pembangunan pekon dari  pemerintah pusat,  serta tujuh  prioritas Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. Ini  harus bersinergi dengan pembangunan yang dikelola oleh  pemerintah pekon. “Kita harus menciptakan pekon hebat yang memiliki kemandirian di berbagai bidang.  Beberapa bidang dimaksud,  seperti pekon pintar, pekon yang diukur melalui tingkat kebuta aksaraan dibawah 2,5 persen, ketersediaan Paud dal lainnya”, paparnya.

Kepala Dinas PMP, Drs.Nukman, M.M  menyampaikan dasar kegiatan yang dilaksanakan adalah Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, No 48 Tahun 2018  tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa. Termasuk kepuusan lainnya.

Tujuan bursa inovasi desa Kabupaten Lampung Barat adalah mendiseminasikan informasi pokok,  terkait program inovasi desa (PID) secara umum. Menginformasikan dan memperkenalkan rencana potensi kegiatan inisiatif atau inovasi masyarakat,  yang berkembang di desa-desa, dalam penyelesaian masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

Temasuk juga menjaring ide dan komitmen pemerintah pekon,  untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif atau inovasi,  yang digelar dalam bursa sebagai bagian rencana pembangunan pekon tahun 2019.(SKR)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.