Cerita Pemkot Ngutang, SMSI Bengkulu Mengecam

Suara Melayu, Bengkulu – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu, sesalkan tudingan dan ancaman Ketua DPRD Kota Bengkulu, Baidari Citra Dewi.

Ini menanggapi pengaduan  Pemimpin Redaksi media online Garuda Daily.com, Doni Supandi,  yang merasa resah dan cemas terhadap ancaman Baidari, yang akan menuntut pihaknya. Peryataan itu dikatakan berulang-ulang, hingga menyerang terhadap fisik Pemred  dan psikologis  wartawan.

Ini berawal pemberitaan berjudul “Ketua DPRD Kirim Sinyal Setuju Pemkot Ngutang”. Usai ditelaah dari aspek kode etik dan penulisan oleh SMSI Provinsi Bengkulu yang di Ketuai DR Rahimandani , ternyata tidak ada yang salah dalam pemberitaan itu.

“Kini wartawan saya mendapat beban psikologis atas ancaman dan tindakan penjabat publik, Ketua DPRD Kota Bengkulu itu. Apalagi wartawan perempuan masih yunior pula. Seharusnya Baidari itu telepon saya, jangan wartawan saya”, jelas Doni.

Sekretaris SMSI Provinsi Bengkulu, Wibowo Susilo saat mendampingi Doni dalam jumpa persnya, Kamis (10/4) sore, sangat menyesalkan apa yang dilakukan Baidari, yang baru menjabat Ketua DPRD Kota Bengkulu, belum lebih satu tahun itu.

“Kita akan menindaklanjuti kasus serupa yang berulang dialami para jurnalis ini.  Seharusnya bukan ancaman, tekanan yang dilakukan Baidari”, jelas Wibowo.

Ada proses yang seyognyanya dilakukan Baidari, sesuai UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Sebagai Ketua DPRD Kota Bengkulu, jelas Wibowo, Baidari Citra Dewi harus tahu dan paham itu. Gunakan hak koreksi atau hak jawab terhadap pembertaan yang ada. Jangan mengunakan ‘ala barbar’. (ck)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.