Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar, Gelar PPJRA

Suara Melayu, Lampung Barat – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat (Lambar), gelar Pelatihan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (PPJRA) selama tiga hari. Acara dilaksanakan di Hotel Ono, Kelurahan Way Mengaku.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan PPJRA, Drs Sandarsyah, mewaikili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten,  Drs Saripan Halim MM, pelaksanaan itu mulai tanggal 17 hingga 19 September 2018. Narasumber pelatihan, berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Lampung, dengan materi inti adalah  Pengantar Kearsipan, Pemberkasan Arsip, dan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip.

Kegiatan yang diikuti 49  peserta  dan berasal dari Dinas, Badan, Kantor, Bagian Sekretariat Kabupaten, kecamatan dan kelurahan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Ruspan Anwar.

Ruspan Anwar berpesan, pengelola arsip hendaknya selalu berfikir positif. Artinya, dalam kegiatan pengelolaan arsip untuk selalu tertib dan berpedoman dengan aturan yang ada. Masalah administrasi dan pengelolaan kearsipan, merupakan suatu hal yang penting dan sangat menentukan. Ini  menjadi tolok ukur kinerja dari Pemerintahan Kabupaten Lampung Barat.

Dengan kegiatan ini, akan tercipta administrasi pengelolaan arsip dan mekanisme kerja yang baik. Karena itu diperlukan keseriusan para peserta,  untuk mengikuti pelatihan ini.

Menurut Ketua Panitia  acara, Sandarsyah, maksud dan tujuan penyelenggaraan pelatihan ini untuk memberikan bekal pengetahuan kepada peserta pelatihan. Bagaimana melakukan penyusunan jadwal retensi arsip.  Termasuk untuk meningkatkan sumberdaya manusia,  dalam pengolahan arsip. Terakhir memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pengolahan arsip.

Narasumber pelatihan ini berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Lampung, dengan tiga materi inti yaitu Pengantar Kearsipan, Pemberkasan Arsip, dan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip. (skr)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.