Duta Baca Provinsi Bengkulu Sebagai Inovator

BengkuluTerbit, Bengkulu –Duta Baca Provinsi Bengkulu 2018 terpilih, Endang Saputra, perwakilan Kabupaten Rejang Lebong mengungkapkan, salah satu tips meningkatkan minat baca kalangan masyarakat, dengan inovasi literasi.

Bacaan tak hanya sebatas pada tulisan kertas ataupun buku, tapi kemajuan teknologi telah menciptakan literasi dalam bentuk visual layar digital.

“Minat baca dinilai rendah, jika dibandingkan dengan menonton televisi ataupun layar gadget. Untuk itu, penerapan inovasi literasi menjadi penting dan bisa menarik minat baca”, ujar  Endang, saat malam final pemilihan Duta Baca Provinsi Bengkulu, di Hotel kawasan Pantai Panjang Bengkulu, Rabu (29/8/2018) kemarin.

Duta Baca yang terpilih  melalui seleksi sebanyak 46 kandidat ini, diseleksi penyaringan oleh tim, hingga dipilih 10 besar finalis. Endang mampu menepati posisi paling unggul diatas Reka Amelia, Oki Alek Sartono dan tujuh  finalis lain.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Minat Baca dari Perpusnas, Deni Kurniadi menyatakan, dari berbagai survei, menempatkan Indonesia sebagai masyarakat dengan minat baca rendah. “Tetapi berbanding terbalik saat dilakukan inovasi pada kegiatan- kegiatan komunitas baca, seperti perpustakaan keliling, ataupun pameran buku. Minat masyarakat tinggi dan bacaan seperti itu selalu dikerumuni peminat”, kata Deni Kurniadi.

Infrastruktur perpustakaan mulai dari bahan bacaan, koleksi bacaan dan jumlah perpustakaan jelasnya, baiknya  secara kuantitas ditambah, sehingga bisa menyebar ke pelosok pelosok desa.

Ditambahkan Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri menilai minat baca bisa dibudayakan dari keluarga. Jika tiap keluarga bisa menanamkan budaya membaca, sekaligus targetnya sejak dini, maka membaca akan menjadi kebutuhan. “Banyak sekali inovator kreatif yang muncul di belahan dunia ini. Mereka tak lepas dari kebiasaan membaca”, tegas Hamka.

Hamka berharap, dengan terpilihnya Duta Baca ini, akan mampu meningkatkan jumlah komunitas membaca dan meningkatkan minat baca masyarakat. Ini juga akan diimbangi oleh pemerintah, tentang penyediaan infrastruktur perpustakaan dan bahan bacaan. “Semoga terlahir Duta Baca dari Bengkulu ini seperti sosok Najdwa Sihab dan tokoh tokoh menginspirasi lain”, tuturnya.(gmp)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.