Esensi Lomba Mewarnai Bagi Kepentingan Kemandirian Berkarya

Suara Melayu, Bengkulu – Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memaparkan, lomba mewarnai bagi anak-anak usia dini, tujuannya bukan hanya untuk mencari pemenang dan mencari karya terbaik,  tapi lebih kepada  bagaimana menimbulkan rasa percaya diri,  kemandirian  serta keberanian dalam beraktifitas.

Ini dikatakan Rohidin saat membuka lomba mewarnai untuk Taman Kanak-Kanak (TK) Se – kota Bengkulu, di salah satu Rumah Makan Seafood Bengkulu, Sabtu (8/9).

“Kemandirian menghasilkan sebuah karya harus menjadi point penting dalam penilaian”,  ujar Rohidin sembari berpesan kepada juri lomba mewarnai, agar tidak hanya melihat karya yang dihasilkan peserta, tapi juga seperti apa prosesnya hingga karya itu dihasilkan.

Melihat dan menilai  dari  cara duduk,  memegang alat tulis dan menguasai wilayah kerja, seorang anak mempunyai imajinasi sendiri dan pesan dalam karyanya, tanpa di dikte oleh orang tua atau dipengaruhi oleh temannya.

“Sifat-sifat tersebut,  jika tertanam dalam diri seseorang sejak kecil,  akan menjadi salah satu modal  kesuksesannya di masa depan”, katanya.

Rohidin juga  sempat menguji keberanian dan rasa percaya diri anak-anak TK  itu di depan teman,  guru dan para tamu undangan yang hadir. Dia  mengajak lima orang anak untuk berbincang dan memperkenalkan diri mereka. Kelima anak pemberani dan percaya diri itupun, akhirnya mendapatkan “Angpau”  dari Plt Gubernur  Bengkulu sebagai penghargaan atas keberaniannya. Bagi pemenang mendapat tambahan hadiah Rp 2,5 Juta.(gmp).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.