Harapan Hindu Bali Bengkulu Pada Gubernur Rohidin Mersyah

Salah satu Pure di Air Periukan Seluma.

Seluma, SM – Pengurus sekaligus Pembina Umat (Parisade) Hindu Bali Kabupaten di Provinsi Bengkulu, I Nyoman dari Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma berharap dalam perayaan besar Hindu Bali, Gubernur Rohidin Mersyah dapat hadir.

Masyarakat Hindu Bali yang berjumlah empat  ribu orang, rencananya di bulan Maret 2020 mendatang, akan menggelar Hari Raya Nyepi, yang dihadiri seluruh masyarakat Hindu Se-Provinsi Bengkulu. Ini dikatakan I Nyoman saat ditemui di rumahnya, Desa Tungkai, Air Periukan Kabupaten Seluma.

“Tentunya ini tidak ada hubungannya dengan tahun politik jelang Pilkada mendatang. Hanya saja, kami masyarakat Hindu Bali ingin lebih berperan dalam pembangunan yang ada di Provinsi Bengkulu ini. Apalagi sosok gubernur mendatang”, jelas I Nyoman yang merantau di Seluma sejak Tahun 1996 silam.

Pembina Umat Kabupaten, I Nyoman saat diwawancarai.

Bicara soal siapa pemimpin Provinsi Bengkulu mendatang, I Nyoman menegaskan,  dalam pandangan masyarakat Hindu Bali di Provinsi Bengkulu, sosok pemimpin itu tidak mesti dari orang Bali Bengkulu itu sendiri.

Masyarakat Hindu Bali Bengkulu katanya,  tidak terlalu fanatik dalam siapa sosok gubernut nantinya, “Yang jelas, dalam pandangan Hindu Bali, pemimpin itu misalnya sosok Gubernur Bengkulu mustilah mempunyai keimanan. Artinya sosok gubernur itu harus taat dengan agama yang dianutnya. Jujur dan tidak provokatif. Begitulah idealnya”.

Mengenai harapan masyarakat Hindu Bali hadir dalam perayaan hari besar, memang ini sudah kami rencanakan. Apalagi saat perayaan Nyepi pada bulan Maret Tahun 2020 nanti, Tapi ini harapan kami.

Hal yang sama dikatakan masyarakat Bali Desa Sekarsari, Subawe yang berharap nantinya dalam kegiatan kreasi seni budaya lokal, masyarakat Bali Bengkulu dilbatkan. (ck)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.