Infeksi virus nipah

Suara Melayu – Infeksi  virus Nipah (NiV) adalah zoonosis baru yang muncul, menyebabkan penyakit parah pada hewan dan manusia. Virus alami dari virus ini dari kelelawar buah, Keluarga Pteropodidae, genus Pteropus.

NiV pertama kali di identifikasi selama wabah penyakit yang terjadi di Kampung Sungai Nipah, Malaysia pada Tahun 1998. Saat itu  babi adalah inang perantara. Namun, pada wabah NiV berikutnya, tidak ada inang perantara.

Di Bangladesh pada Tahun 2004, manusia menjadi terinfeksi dengan NiV akibat dari mengkonsumsi getah kurma yang telah terkontaminasi oleh kelelawar buah yang terinfeksi.

Transmisi manusia ke-manusia juga telah di dokumentasikan, termasuk di setting rumah sakit di India. Infeksi NiV pada manusia memiliki berbagai presentasi klinis, dari infeksi tanpa gejala hingga sindrom pernapasan akut dan ensefalitis fatal. NiV juga mampu menyebabkan penyakit pada babi dan hewan domestik lainnya. Tidak ada vaksin untuk manusia atau hewan. Perawatan utama untuk kasus manusia adalah perawatan suportif yang intensif.  (word health  organization)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.