Inggris Ekspansi Kekayaan Bengkulu?

Sudut Pandang Fort Marlborough dari kejauhan.

Bengkulu, SM – Direktur Pelestarian Cagad budaya dan Permusiuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan RI,  DR Drs  Firta Arda, mengatakan, Video Mapping  “The Story of Marlborough” menceritakan  sejarah singkat Benteng (Fort) Marlborough .

Benteng dibangun akibat perperangan dan penjajahan, ekspansi kekayaan alam Bengkulu yang berlebihan. Benteng ini sempat beberapa kali mengalami alih fungsi. Dari Benteng pertahanan Hindia Belanda, Jepang hingga kemerdekaan.

Lain halnya dengan Pemerhati Sejarah dan Budaya Bengkulu, Benny Hakim Benardie mengatakan, keberadaan Inggris  kala itu bukan dalam arti penjajahan. Sebelum berdirinya Fort Marlborough,  koloni Inggis itu sudah meminta ijin oleh  elit  negeri ini untuk membangun   Fort York di daerah Pasar Bengkulu, benteng petama.

Kspansi kekayaan Bengkulu tak ditemukan dalam catatan sejarah, kecuali peristiwa penyerangan terhadap Residen Thomas Parr tanggal  23 Desember 1807, akibat tidak membayar hutang hasil bumi dengan para petani. Hingga akhirnya pemenggalan  kepala Sang Residen dilakukan oleh rakyat. (ck)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.