Kabupaten Kepahiang Kini Punya PIH

Kunjungan ke Pasar Higienis Kabupaten Kepahiang.

 Kepahiang, SM – Pemerintah Provinsi  Bengkulu melalui Dinas Perikanan dan Kelautan,  menyediakan Pasar Ikan Higienis (PIH) di Balai Benih Ikan  Kelobak, Kabupaten Kepahiang.

Keberadaan PIH ini kata Sekda Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti, berdampak pada peningkatan konsumsi dan gemar makan ikan. Pola pemasaran ikan bisa lebih baik lagi.

“Kita berharap, saudara-saudara kita yang selama ini berjualan ikan di pinggir jalan,  bisa berjualan di sini. Karena tempatnya lebih nyaman dan aman. Bagi para pembeli, pasti membelinya akan puas. Karena lebih bersih dan ikannya lebih segar”,  kata Nopian Andusti usai hadir peresmian Pasar Ikan Higienis (PIH), Senin (12/11).

Direktur Pemasaran Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikana RI,  Machmud SP yang hadir,  berharap  setelah diresmikan PIH ini, yang harus dilakukan pihak pengelola di tingkat kabupaten, selain mencari supply ikan, paling penting harus dilakukan penanganannya  yang baik.

“Ikan hanya bisa dijaga kesegarannya, hanya dengan satu cara yaitu pendinginan menggunakan es. Selain menjaga kesegaran ikan, baik penjual maupun pembeli bersama-sama diminta tetap menjaga kebersihan bersama” imbuhnya.

Ini mendapat jawaban dari Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid. Pihaknya akan terus berupaya menjaga dan mengawal aktifitas di PIH ini. Sehingga,  ketersediaan ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar bisa stabil, mencukupi kebutuhan masyarakat Kepahiang khususya dan bagi masyarakat Rejang Lebong dan Lebong.

“Keberadaan PIH ini akan kita kelola sebaik mungkin. Dengan gemar makan ikan, anak-anak kita akan makin cerdas. Kami juga siap memberikan kontribusi kepada masyarakat luar Kepahiang, untuk menyediakan kebutuhan ikan air tawar”, katanya. (MC).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.