Kepariwisataan Provinsi Bengkulu Belum Maksimal

BeritaTerbit, Bengkulu – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bengkulu, menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tekhnis Pemandu Wisata Tahun 2018, di Ruang Aula Rafflesia BPSDM Provinsi Bengkulu, Senin (3/9/2018).

Diklat ini bertujuan, untuk memberikan penguasaan pengetahuan tentang daya tarik wisata, kemampuan untuk menyusun program perjalanan wisata, serta memiliki kemampuan bertindak sebagai pemandu perjalan wisata. “Memberikan kemampuan untuk memimpin dalam penyelenggaraan perjalanan wisata serta dapat mampu menguasai informasi dan tekhnologi dalam memperkenalkan pariwisata Bengkulu”, jelas  Plt Kepala BPSDM Provinsi Bengkulu, Fevri Herlina.

Dengan mengikuti Diklat katanya, peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetisi, sehingga menjadi professional serta mampu menguasai prosedur kepariwisataan.

Diklat yang berlangsung tanggal 3 hingga 8 September 2018 ini,  dihadiri Ketua Himpunan Pemandu Wisata Indonesia Kemenpar RI, Sang Putu Subaya dan diikuti ASN dilingkup Pemda Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Sang Putu Subaya, kepariwisataan yang ada di Bengkulu ini belum begitu maksimal diolah dan dikembangkan. Sedangkan potensi wisatanya sangatlah bagus. “Pengembangan pariwisata itu tidaklah sesulit membangun infrastruktur. Yang terpenting kita mampu bekerja secara propesional dan memasarkannya dengan baik”,  ujarnya.

Kepariwisataan  Bengkulu  perlu evaluasi dan penataan yang baik terhadap potensi yang ada. Dimana kekurangannya, maka segera diperbaiki, agar kepariwisataan itu dapat menjadi salah satu sektor penyumbang PAD bagi daerah.

Ini juga dipertegas Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Bengkulu,  Ari Narsa JS. Pengembangan potensi lokal sebagai dasar membangun daerah adalah hal yang sangat penting dilakukan. Karena itu, sumber daya manusia dan sumber daya alam, merupakan faktor  utama dan strategis bagi tercapainya pembangunan suatu daerah.

“Sumber Daya Manusia yang kuat dan berdaya saing tinggi dalam berbagai bidang, akan mendukung  peningkatan dan percepatan pembangunan daerah. Begitu juga sumber daya alam yang melimpah ruah, akan menjadikan karakter kemandirian dan kesejahteraan suatu daerah” kata Ari Narsa JS, saat membacakan sambutan Pt Gubernur Bengkulu.

Guna menjawab tantangan global  pembangunan pariwisata dan pengembangan SDM, tegas Ari, harus ditekankan pada penguasan potensi dan terfokus pada suatu bidang tertentu, yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan daya saing. (gmp).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.