Konsultan Perlu Jaminan Proteksi dan Wajib Berintegritas

BeritaTerbit, Bengkulu – Ikatan Nasional Konsultan (INKINDO) sebagai organisasi para konsultan,  seharusnya memberikan perlindungan kepada pelaku usaha di Provinsi Bengkulu.

Soal pekerjaan proyek pembangunan, perlu adanya penanganan khusus perwilayah. Sehingga muncul keadilan. Hasilnya bisa lebih baik,  karena dikerjakan pihak yang mengetahui persis kondisi wilayah dan kultur masyarakatnya.

Menurut  Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menekankan beberapa hal atas keberadaan Dewan Pengurus Daerah (DPD) INKINDO, yang saat ini  mendukung proses pembangunan Pemprov Bengkulu.

Penekanan itu pada regulasi, terkait proteksi konsultan secara kewilayahan dan mengutamakan intergritas, selain kemampuan dan kompetensi.

“Itu akan membuat lebih efisien sebuah pekerjaan yang dilaksanakan. Maka saya kira, regulasi terkait proteksi ini harus kita buat”, jelas  Rohidin Mersyah, usai meresmikan Pembukaan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) INKINDO Bengkulu 2018, di salah satu hotel Kota Bengkulu, Rabu (10/10).

Disamping kemampuan dan kompetensi jelas Rohidin, integritas juga menjadi hal terpenting harus dimiliki para konsultan. Seorang konsultan juga wajib menghasilkan pekerjaan berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Mungkin keilmuannya mumpuni. Pengalamannya ada. Tapi ketika dia tidak bekerja dengan kesungguhan, merencanakan dan mengawasi, nanti hasilnya juga tidak bagus. Itu nanti bisa menjadi celah awal, bahwa kegiatan itu menjadi bermasalah dan berurusan dengan aparat penegak hukum”, pungkasnya dihadapan Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani, Waketum DPN INKINDO Regional I Sumatera Zulkifli Abdi, Ketua DPD INKINDO Bengkulu, Itnu Bagio serta beberapa Ketua DPD INKINDO Wilayah Sumatera.

Waketum DPN INKINDO Regional I Sumatera Zulkifli Abdi, Rakerprov INKINDO Bengkulu 2018 ini, terfokus pada hasil kinerja organisasi dan individu konsultan yang lebih baik.

“Jadi yang kita fokuskan dalam kesempatan ini untuk peningkatan kapasitas anggota, juga pemahaman anggota dalam upaya optimalisasi kinerja organisasi. Selain itu, pada pertemuan kali ini juga akan disosialisasikan beberapa kebijakan yang akan dipraktekkan, dalam mendukung pembangunan daerah”, terangnya.

Penyatuan semua perusahaan konsultan dalam satu asosiasi ini kata  Zulkifli, untuk mengembangkan profesionalitas, praktek-praktek konsultansi secara lebih efektif. Sehingga INKINDO membimbing dan mengembangkan anggota-anggotanya dalam kerangka menunjang pembangunan nasional secara luas. (ADV/gmp)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.