Kota Bengkulu dan Negara Iran Kerjasama Pengolahan Air Bersih Teknologi Nano

Wali Kota Helmi saat di Republik Islam Iran mendapat sambutan hangat.

Teheran, SM – Kota Bengkulu jalin kerjasama soal pengolahan air bersik dengan teknologi Nano. Kedatangan Wali Kota Bengkulu  Helmi Hasan disambut Duta Besar RI untuk Negara Iran,  Octravino Alimudin  di Teheran.

Kerjasama ini penting jelas  Wali Kota Helmi saat di Republik Islam Iran,  karena Kota Bengkulu sangat membutuhkan air bersih, Senin (4/3).  Kunjungan ini untuk menyukseskan kerjasama yang dilakukan Kota Bengkulu dan Iran dalam pengolahan air bersih dengan teknologi Nano.

Teknologi Nano  merupaan  lmu pengetahuan dan teknologi yang mengontrol zat, material dan sistem pada skala nanometer, sehingga menghasilkan fungsi baru yang belum pernah ada. Ukuran 1 nanometer adalah 1 per satu miliar meter, yang berarti 50.000 kali lebih kecil dari ukuran rambut manusia.

Dijelaskan Wali Kota Helmi, saat ini Kota Bengkulu sudah termasuk dalam situasi darurat air bersih. Dalam jangka waktu lima hingga enam  bulan kemarau, PDAM sudah kewalahan menyalurkan air bersih dengan kualitas baik. “Ini adalah upaya kita untuk memberikan air bersih untuk masyarakat”,  katanya.

Walikota Helmi Hasan menjelaskan, pengendalian mutu air bersih menggunakan teknologi Nano itu,  sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Teknologi nano merupakan material berukuran nano yang dapat terbentuk dari beberapa senyawa pembentuknya. Nano memiliki peran dalam pengolahan air kotor menjadi air bersih. Dari segi efektivitas dan biaya, Nano juga menjadi teknologi pengolahan air yang memiliki peluang besar, untuk diterapkan di suatu daerah”,  terangnya.

Karakteristik tiap Nano  berfungsi sebagai adsorben dan dan bersifat fotokatalitik dalam proses pengolahan air. Beberapa percobaan dan pengujian terhadap material berbasis Nano ini,  juga telah dilakukan untuk membuktikan bahwa nanomaterial memiliki banyak keuntungan dalam mengolah air dibandingkan teknologi konvensional yang ada pada saat ini.

“Dalam kunjungan ini kita juga melakukan penjajakan peluang investasi Iran di Kota Bengkulu. Alhamdulillah, Dubes RI untuk Iran merespon positif”.

Pada  Selasanya (05/03), Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan di dampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Arif Gunadi dan Kepala Bapenda Kota Bengkulu, Hadianto bertemu dengan berbagai stakeholder terkait, pemerintahan dan pihak swasta.(mc/adv)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.