KUBE Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

BeritaTerbit, Seluma – Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, Kelompok Usaha Bersama  (KUBE) berperan dalam memandirikan masyarakat secara ekonomi. Mental masyarakat ditempa disini. Setiap kelompok harus memiliki kemauan keras dan motivasi kuat untuk mandiri.

“Seberapa pun besar bantuan diberikan kepada kelompok, tidak ada gunanya,  jikalau mereka tidak memiliki mental baja mewujudkan kemandirian”, tegas  Rohidin, saat menyerahkan bantuan bahan pokok dari pemerintah, kepada KUBE Desa Riak Siabun, Air Periukan Seluma, Senin(20/8/2018).

Peran pendamping dalam memberikan motivasi saat mendampingi masyarakat jelas Rohidin,  sangat vital. Sebab pendamping sangat mengerti titik permasalahan,  sehingga dapat memastikan mereka bisa mandiri dan bekerja produktif.

“Kalau mereka sanggup mandiri, tentu dapat meningkatkan status sosialnya,  sehingga ekonomi masyarakat bangkit”.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Iskandar ZO  juga menyampaikan, bahwa  program KUBE RPK ini merupakan modifikasi dari KUBE sebelumnya, dan merupakan yang pertama di Indonesia.

“Kube sebelumnya berjalan sendiri dan hanya ditangani dinas sosial. Sedangkan Kube RPK ini bersinergi dengan tiga lembaga yaitu, Perum Bulog, BUMN Keuangan melalui program Laku Pandai dan dan PT Pos Indonesia”,  katanya , sembari melihat Plt Gubernur menyerahkan beberapa bantuan berupa  beras, minyak goreng, gula dan timbangan kepada  lima kelompok KUBE,  dari Desa Rial Siabun I dan Riak Siabun II.(gmp).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.