Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Atas LKPD Tahun Anggaran 2017

Bengkulu, beritaterbit.com- DPRD Provinsi Bengkulu Gelar paripurna istimewa yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri, juga di hadiri oleh plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, perwakilan badan pemeriksaan keuangan Provinsi Bengkulu (BPK), dan para tamu undangan lainnya. paripurna istimewa dengan agenda Penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK Provinsi Bengkulu atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Provinsi Bengkulu tahun anggaran 2017, di gedung DPRD Provinsi Bengkulu rabu, 31/05/2018.

Yuan Candra Djaisin selaku kepala perwakilan BPK Provinsi Bengkulu menyerahkan langsung LHP tersebut kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu dan plt.Gubernur Bengkulu.

Dalam penyampaiannya Yuan Candra yang menyampaikan sambutan wakil ketua BPK RI yang berhalangan hadir mengatakan, penyampaian pemeriksaan bukan untuk mengungkapkan penyimpangan.

“pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan. meski demikian, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan, kecurangan, atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hal ini harus di ungkap dalam LHP,” ungkap yuan.

Di lain sisi plt. Gubernur Bengkulu juga menyampaikan syukurnya dan terima kasih kepada Badan Pengawas Keuangan.

“alhamdulillah setelah BPK RI melaksanakan pemeriksaan keuangan selama kurang lebih dua bulan maka pada hari ini BPK RI menyampaikan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2017 dengan Opini “wajar tanpa pengecualian” perolehan opini tahun 2017 ini terasa sangat spesial karena dua tahun terakhir th 2015 dan 2016 pemerintah Provinsi Bengkulu hanya bisa memperoleh opini wajar dengan tanpa pengecualian,” jelas Rohidin.

“pencapaian ini rasanya menjadi berkah Ramadhan dan hasil kerja keras seluruh jajaran pemerintahan Provinsi Bengkulu dalam beberapa bulan terakhir. pencapaian ini membuktikan bahwa jika ada kemauan pasti ada jalan, jika ada ikhtiar dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti ada hasil sesuai harapan,” tambah Rohidin.

Rohidin Mersyah juga beri apresiasi kepada BPK dan anggota dewan.

“Atas pencapain ini saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pengelola keuangan daerah serta pihak terkait termasuk anggota dewan yang telah memberikan perhatian dan dukungan yang luar biasa,” ucap Rohidin.

meski ada beberapa temuan pemeriksaan atas sistem pengendalian intern namun, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah melakukan pengembalian dan pemulihan kerugian daerah yaitu melalui penyetoran ke kas daerah dengan jumlah signifikan. sehingga, nilai kerugian masih dibawah ambang batas toleransi dan tidak berpengaruh terhadap opini. (TONI)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.