Mangrove Education Center Diresmikan

Penanaman mangrove di lokasi pusat edukasi mangrove PMI, Kelurahan Sumber Jaya.

Bengkulu, SM – Manggrove Education Center di kawasan Sumber Jaya, Kota Bengkulu diresmikan. Kerjasama Palang Merah Indonesia bekerjasama dengan Japanese Red Cross Society, guna pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat.

Menurut  Pengurus PMI Pusat,  Sumarsono, program ini sesuai dengan potensi dan karakteristik di Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu,  yang berada di wilayah pesisir.  Ia berharap, dengan adanya manggrove education center ini, dapat memberikan wawasan dan kesadaran masyarakat,  terhadap pentingnya kelestarian hutan manggrove. Terlebih, karena Bengkulu masuk sebagai daerah, dengan potensi bencana alam dan tsunami yang tinggi.

Di sini, masyarakat dapat belajar mengenai Manggrove. Mulai dari jenis, cara  pembibitan, hingga manfaat yang bisa diperoleh dari pohon manggrove.  “Kami pusatkan disini, karena pembibitannya ada disini. Namum konservasi mangrove kita lakukan di sepanjang pantai di Provinsi Bengkulu”,  ujar Sumarsono usai diresmikan Asisten II Pemerintah Provinsi Bengkulu,  Yuliswan.

Kegiatan seperti jelas Sumarsono,  sangat membantu pemerintah. Diharapkan,  melalui konservasi hutan mangrove,  tidak hanya akan mengurangi dampak bencana seperti abrasi pantai dan tsunami, tetapi dapat berkembang menjadi destinasi wisata baru”,  harapnya.

Dengan berkembang sebagai objek wisata, secara otomatis akan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat sekitar.(mc)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.