Marhaban Ya Muharam, Tabut Bengkulu Memanggil Wisatawan

Tabut, momentum mengenang pembantaian di Padang Karbala,.

“Bengkulu Kotanyo Tenang. Dibulan Tabot (Tabut) Mangkonyo Rami. Adik Sanak Marola Datang, Kito Liek  Budayo Anak Negeri”.

 Bengkulu, SM – Bulan Tabut Bengkulu 2019 sudah menjelang. Kesibukan dalam persiapan  TOP 30 Calendar of Event Wonderful Kementerian Pariwisata RI ini tampak dilakukan. Keramaian tiap tahun ini, bagian dari Kepariwisataan Provinsi Bengkulu.

Even Festival Tabut akan digelar tanggal 31 Agustus hingga 10 September 2019. Mulai tari pernak-pernik kesenian, ritual mengambil tanah hingga Tabut di buang ke Padang Karbala, Padang Jati Kota Bengkulu.

Fetival ini merupakan even unggulan Provinsi Bengkulu. Karena itu pemerintah Provinsi Bengkulu konsen, agar  kegiatan ini sukses berdaya guna dan hasil. Gubernur Bengkulu, DR H Rohidin Mersyah  segera mengelar rapat bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu beserta tim event organizer (EO).

Sebagai pecinta seni dan budaya lokal yang ada di Provinsi Bengkulu, Gubernur Rohidin meminta agar event Tabut lebih sukses  dari  tahun-tahun sebelumnya. Sebagai dasar wajib dari kepariwisataan, hospitality atau rasa nyaman bagi para pengunjung merupakan hal utama dan menjadi perhatian khusus.

Mengingat, inti dari sebuah pertunjukan adalah memberikan kepuasan, rasa nyaman dan aman bagi pengunjung. Sehingga even Festival Tabut nantinya benar-benar layak untuk dinikmati sebagai budaya dan pertunjukan.

“Tabut sudah kita gelar dari tahun ke tahun. Artinya bukan sesuatu yang baru lagi. Tinggal evaluasi dan evaluasi. Intinya, bagaimana kita ciptakan rasa nyaman”, papar gubernur di ruangannya, Senin, (26/08).

Gubernur Rohidin meminta kepada pihak EO, tegas dalam menjalankan konsep-konsep pelaksaan acara festival nantinya. “EO harus tegas. Sehingga acara benar-benar bisa dinikmati dan dievaluasi di kemudian hari”,  katanya, sembari berharap EO untuk mampu menjaga harmoni. Bukan hanya pada peserta Tabut saja, terlebih pada masyarakat sekitar dan para wisatawan. (ck/mc)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.