Miris, Gaji LINMAS Karawang Kurang Dari Rp.6000 Per Hari

Karawang, Jawa Barat – LINMAS atau Hansip di Kecamatan Batujaya di kumpulkan bersama Kasi Trantib di setiap Desa, Kamis (3/5) siang tadi hanya untuk pengambilan gaji sebesar Rp.175.000,- per bulan.

“Hari ini ada pembagian gaji para hansip seluruh desa yang ada di Kecamatan Batujaya sekitar ada 100 orang di setiap Desanya 10 LINMAS, dari pihak kami (Kecamatan, Red) tidak ada pemotongan seribupun,” tegas Kasie Trantib atau yang biasa di sapa MP Kecamatan Batujaya Sonhaji kepada beritaterbit.com, Kamis (3/5).

Dikatakan Sonhaji, setiap hansip atau LINMAS mendapatkan gaji sebesar Rp.175 ribu setiap bulannya.

“Gaji Linmas sebesar Rp.175 ribu menurut saya sangat minim sekali, tidak sesuai dengan tugas yang diemban untuk menjaga lingkungan desa, ya sampingan mereka kalau ada hajatan saja untuk jaga parkir,” ungkap Kasi Trantib Desa Karyamakmur Suryadi.

Disisi lain Kepala Desa Karyamakmur, Hartasim, saat di hubungi via WA, gaji Linmas itu dari pemerintah Desa ditambah dengan Dana Bagi Hasil.

“Bahwa gaji Linmas dari pemerintah Desa Sekitar 125.000 per bulan di tambah dari Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp. 50.000,” ungkap Hartasim.”Bahwa gaji Linmas Via Pemerintah Desa (Pemdes) dapat dari Dana Bagi Hasil (DBH) 125.000 itu di bayar setahun sekali sedang kan dari Anggaran Dana Desa (ADD) Rp.50.000 itu di bayar per enam bulan sekali”. Ujar kepala Desa Karyamakmur Hartasim via WA kepada beritaterbit.com.

Dari hasil pantauan beritaterbit.com beberapa hari lalu Linmas atau Hansip Desa rata rata berusia lanjut dan kerja malam untuk ronda, kadang parkir untuk mengamakan kendaraan tamu yang hajatan, tentunya tidak sesuai dengan gaji yang hanya Rp.5.833,- per hari.(Wasim)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.