Mobil Esemka Akan Ada di Provinsi Bengkulu

Moil Esemka. Foto Kompas Outomotif.

Bengkulu, SM  – Pemerintah Provinsi Bengkulu rencananya akan memesan sebanyak 12 unit mobil Esemka pada gelaran Teknologi Tepat Guna Provinsi Bengkulu yang akan di gelar pada tanggal 22 – 25 September 2019 mendatang.

Sebelumnya, Dikutip dari laman Detik.com, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memang sempat merespons tudingan bahwa Esemka menjiplak mobil Cina. Menurut dia, wajar kalau kedua mobil itu terlihat mirip karena pengembangan industrinya bersifat terbuka.

“Ya kan kalau mobil itu multisource, multiplatform, kan itu biasa. Kita enggak bisa bilang ini cuma jiplak, dibikin di mana juga, jadi itu biasa,” ujar Airlangga di kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Jakarta, pada Selasa, 10 September 2019.

rapat persiapan Kerjasama Pengembangan Industri Mobil Nasional Esemka, Kamis (19/9).

Selain itu, menurut Airlangga, kerja sama antar pabrikan kerap terjadi sehingga wajar jika ada kemiripan pada produknya. “Ini bukan soal jiplak-jiplakan, tapi memang multisource dan multiplatform, dan mereka punya kerja sama,” katanya.

Menurut Airlangga, Esemka memiliki kerja sama dengan Cina sehingga produknya terlihat mirip dengan mobil pabrikan Changan. “Iya pasti, antara pabrikan punya kerja sama,” ujarnya.

Soal akan memborong mobil Esemka menurut  Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, sebagai dukungan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terhadap pengembangan Industri Otomotif di tanah air.

Hal ini dikatakan Asisten I saat memimpin rapat persiapan Kerjasama Pengembangan Industri Mobil Nasional Esemka, Kamis (19/9) di Ruang Rapat Gubernur Lantai 3 di Kantor Gubenur Padang Harapan Kota Bengkulu.. “Kita memberikan dukungan karya anak bangsa. Kerja nyata anak bangsa ini pengembangan mobil nasional, juga program-program lainnya itu kita support”, kata Hamka Sabri.

Provinsi Bengkulu menjadi provinsi pertama yang melakukan MoU, terkait pemesanan mobil besutan PT. Solo Manufaktur Kreasi Jawa Tengah ini. Dia berharap, ini dapat membuka kesempatan – kesempatan baru bagi Provinsi Bengkulu, untuk ikut serta dalam pengembangan industri otomotif ini.

“Ini harapan kita setelah melakukan MoU dengan Esemka, barangkali ini bisa berkembang ke Provinsi Bengkulu nanti”.

Pemprov Bengkulu dan kabupaten, kota akan memberikan surat dukungan kepada LKPP, agar mobil Esemka ini dapat terdaftar di E – Katalog. “Nanti masyarakat Provinsi Bengkulu yang akan membeli Esemka cukup e – katalog saja. Ini bentuk dukungan kita kepada produk nasional” jelasnya. (ck/mc))

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.