Muhammadiyah Idul Fitri Kamis, 13 Mei 2021

Yogyakarta, SM-Organisasi Islam Muhammadiyah tetapkan  1 Syawal 1442 H atau lebaran Idul Fitri 1442 H/ 2021 jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Sesuai Ramadhan jatuh 30 hari.

Keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ini disampaiakan Ketua PP Muhammadiyah, Haidar Nashir di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta secara Daring,

Pada maklumat dijelaskan ijtimak jelang Syawal 1442 terjadi pada Rabu, 12 Mei sekitar pukul 02.03.03 WIB. Termasuk takbir Idul Fitri dianjurkan dirumah saja. Bisa dilakukan di masjid, selama tidak ada jama’ah yang terindikasi  prositif Covid-19. Tentunya dengan membatasi jumlah orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ini juga untuk shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan dilapangan bila daerah memang zona hijau.

Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta hilal sudah wujud serta di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam matahari itu bulan berada di atas ufuk.

Maklumat ini disampaikan, agar menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah Nya kepada kita.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama sendir baru akan memutuskannya setelah dilakukan sidang isbat pada Selasa, 11 Mei 2021. Sidang isbat itu digelar pada hari ke-29 Ramadan.(bb)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.