Optimistis Pemkot Pertahankan Swasti Saba Wistara

Rapat Forum Kota, optimis Pertahankan Swasti Saba Wistara

Bengkulu, SM – Pemkot Bengkulu semakin optimis kembali meraih Swasti Saba Wistara di Tahun 2019. Sebelumnya  Pemkot lolos verifikasi administrasi untuk penghargaan kota sehat kategori Swasti Saba Wistara,

Hal ini terungkap dalam Rapat Sosialisasi dan Pembinaan Kota Sehat di Kecamatan Kampung Melayu, Rabu (31/7/2019).

Ketua Forum Kota Sehat Arifin Daud mengatakan, Pemkot Bengkulu bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait optimis penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan RI. Ini pernah diraih pada Tahun 2017 lalu  dan  akan kembali dipertahankan.

“Hari ini kita rapat lanjutan, terkait persiapan tatanan-tatanan yang akan diverifikasi lapangan oleh tim dari pusat pada 26 – 29 Agustus 2019 mendatang”, ujar Arifin Daud.

Penghargaan Swasti Saba Wistara adalah penghargaan yang ketiga kali diraih Pemkot Bengkulu, setelah Swasti Saba Padapa pada Tahun 2013 dan Swasti Saba Wiwerda pada Tahun 2015.

“Penilaian terhadap penghargaan tersebut dua tahun sekali dari Kementerian Kesehatan. Untuk Swasti Saba Wistara hanya beberapa kota dan kabupaten Se-Indonesia yang berhasil meraihnya. Karena itu kita semua harus bersama-sama mempertahankan Swasti Saba Wistara ini”.

Ada tujuh tatanan yang akan menjadi penilaian pada kategori Swasti Saba Wistara yaitu  pemukiman, sarana dan prasarana umum sehat,  kawasan sarana lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan industri & perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Paparan ini diungkapkan dalam rapat diikuti  Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas Kominfo dan Persandian, Camat Kampung Melayu, Lurah Sumber Jaya, dan para undangan lainnya. (mc)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.