Pasar Bengkulu Kota Tuo, Destinasi Wisata Baru KotaKu

Pemerintahan Helmi Hasan akan jadikan Pasar Bengkulu Kota Tuo , destinasi wisata baru.

Bengkulu, SM – Pemerintah Kota Bengkulu sangat mendukung program Kota tanpa Kumuh (KotaKu). Hasil penataan tim Kotaku di kawasan Sungai Pasar Bengkulu, akan diproyeksikan taman. Sehingga bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Bengkulu.

Program ini disampaikan  Walikota Bengkulu Helmi Hasan,  saat mendengarkan pemaparam tim penataan kawasan Sungai Pasar Bengkulu, di Ruangan Kerja Walikota Bengkulu, Senin, 13 Mei 2019.

Helmi juga meminta agar penataan kawasan sungai Pasar Bengkulu nantinya,  perlu diperhatikan setiap aspek atas pembangunan proyek nantinya. Sebab, akan ada rumah warga yang terdampak penataan itu.

“Saya minta, Sekda, Camat, Lurah, RT dan RW menfasilitasi hal ini.  ajak warga yang terkena dampak pembangunan. Sampaikan informasi yang tepat dan solusinya.Laporkan progresnya ke Kementerian PUPR. Setelah beberapa item sudah diperhatikan, Pemkot segera lakukan MoU dengan Kementerian PUPR atas penataan kawasan tersebut. Ini program yang sangat bermanfaat.  Pemkot sangat mendukung”,  papar Helmi Hasan.

Plt. Kepala Bapelitbang Kota Bengkulu Firman Romzi juga menjelaskan, penataan kawasan ini rencananya jika disetujui akan diberi nama Maelo Pukek. “Penataan kawasan ini akan dibagi 3 segmen, kita mulai segmen pertama penataan kawasan Pasar Bengkulu. Perencanaan kawasan ini dibiayai loan Islamic Development Bank”.

Penataan kawasan ini mencakup tujuh aspek kumuh, yang penataan nantinya sebagian besar akan menggunakan APBD Kota Bengkulu. “Tujuh  aspek tersebut, aspek keteraturan bangunan, aspek jalan lingkungan, aspek drainase lingkungan, aspek air limbah, aspek persampahan, aspek kebakaran serta aspek air bersih”, jelas Firman.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), I Made Ardana juga memaparkan,  program KotaKu ini  akan dimulai di dua Kelurahan Kota Bengkulu. Keduanya adalah kawasan Pasar Bengkulu dan Kampung kelawi. “Hari ini kami sudah audiensi dengan bapak walikota. Yang intinya pemerintah kota sangat mendukung rencana ini,” tuturnya.

Wawali bersama too masayaraat Pasar Bengkulu.

Diapresiasi Masyarakat Setempat  

Warga RW 01 Kelurahan Pasar Bengkulu, yang meliputi RT 01, RT 02, RT 03, RT 04, dan RT 05 merestui pembangunan penataan kawasan “Kota Tuo” Pasar Bengkulu. Ini terungkap saat sosialisasi dan dialog dengan  Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi bersama warga Pasar Bengkulu,  di Masjid Al Mujahidin, Jum’at (14/6/2019) Malam.

Perwakilan Warga Pasar Bengkulu yang sekaligus Ketua RW 01, H. Kamaludin menyambut baik rencana pembangunan penataan kawasan Kota Tua Pasar Bengkulu.

“Kami atas nama warga Pasar Bengkulu menyambut baik dan mendukung penaataan kawasan pasar Bengkulu. Jika dilihat dari modul gambar perencanaan penaataan Kawasan Kota Tuo Pasar Bengkulu, melebihi dari Pantai Ancol Jakarta. Mudah mudahan semuanya berjalan dengan lancar, dari tender sampai pelaksanaan nantinya. Kami atas nama warga Pasar Bengkulu merestui pembangunan ini”, harap Kamaludin.

Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi mengungkapkan program KotaKu (Kota Tanpa Kumuh)  bersama Pemerintah Kota Bengkulu dalam pembangunan penataan kawasan Kota Tuo Pasar Bengkulu, bertujuan untuk mengangkat nama besar Kota Tuo Pasar Bengkulu. Karena di Pasar Bengkulu lahir nama besar dan tokoh tokoh besar kota Bengkulu dan bangunan bersejarah kota Bengkulu.

“Salah satu upaya Pemerintah Kota Bengkulu untuk mengangkat nama besar Kota Tuo Pasar Bengkulu, dengan cara melakukan pembangunan penataan kawasan Pasar Bengkulu. Nanti disini kita akan bangun taman dan ruang terbuka hijau,  yang Insya Allah nantinya akan menjadi destinasi wisata baru Kota Bengkulu”,  ujar Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi.

Program Pembagunan ini untuk memajukan Kota Bengkulu dan memakmurkan masyarakat Kota Bengkulu. Wawali menghimbau seluruh masyarakat,  khususnya warga Pasar Bengkulu,  untuk mendukung pambangunan penataaan kawasan Kota Tua Pasar Bengkulu.

“Kami mohon dukungan seluruh masyarakat.  Mohon untuk masyarakat nantinya ramah saat ada orang luar datang. Mohon untuk masyarakat tetap kompak. Jika nantinya ada warga yang tanahnya terkena dampak pembangunan, kami mohon nantinya biaya gantirugi dengan harga yang bersahabat”.

Pemerintah Kota Bengkulu mengucapkan terimakasih kepada Tokoh Masyarakat, H. Rizwan Effendi,  yang telah menghibahkan tanahnya untuk dijadikan ruang terbuka hijau nantinya.

Warga juga sempa  mendengarkan pemaparan dan menonton video animasi pembangunan penataan kawasan pasar Bengkulu yang disampaikan Kepala PLT Bapelitbang dan Dinas Perkim Kota Bengkulu.

Ini Program KOTAKU bersama Pemerintah Kota Bengkulu dalam pembangunan penataan kawasan pasar Bengkulu dibiayai Loan Islamic Development Bank (IDB ) melalui Kementerian PUPR serta beberapa aspek menggunakan dana APBD Kota Bengkulu.(mc/dn)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.