PEDA KTNA Ke-XVI Tingkat Provinsi Resmi Digelar

BeritaTerbit.com – Event Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) ke – XVI Tingkat Provinsi Bengkulu 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Bengkulu Selatan, resmi digelar.

PEDA KTNA XVII ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, yang hadir dalam acara tersebut. PEDA KTNA tingkat provinsi ini diikuti 1.500 lebih anggota KTNA kabupaten/kota dan berlangsung dari tanggal 18 hingga 24 Juli 2018 nanti.

Acara ini mendapatkan apresiasi tinggi dari KTNA Pusat atas berbagai inovasi pertanian, perikanan dan peternakan yang ditampilkan.

“Ini sangat bagus sekali, persiapannya begitu matang, termasuk gelar teknologi juga telah dipersiapkan. Maka dari itu kepada seluruh peserta PEDA agar mengikuti acara ini dengan baik, karena pada saat PENAS nanti yang Ke-16 2020 di Sumatera Barat, saya berharap Bengkulu menjadi juara umum,” kata Ketua Umum (Ketum) KTNA Pusat Winarno Tohir, di Stadion Olahraga Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (18/07/2018).

Winarno Tohir juga mengatakan, PEDA KTNA XVI Provinsi Bengkulu 2018 sebagai persiapan menghadapi Pekan Nasional (PENAS) XVI Sumatera Barat 2020 menjadi hal penting untuk difokuskan. Hal ini mengingat PENAS merupakan perhelatan akbar yang dimanfaatkan sebagai ajang pertemuan antara para petani-nelayan dari seluruh pelosok Indonesia, pemerintah dan BUMN, sekaligus wadah pencampaian kreatifitas petani-nelayan yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam mendukung dan melaksanakan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

“Diharapkan petani-nelayan yang hadir, saling berinteraksi dan bersinergi memanfaatkan teknologi, sumber daya alam pertanian, perikanan dan kehutanan yang tersedia di daerah masing-masing untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam perbaikan mutu, kualitas dan kuantitas usaha taninya. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, pelaksanaan PEDA KTNA merupakan media yang sangat efektif dalam memasarkan produk unggulan pertanian, perikanan dan kehutanan Bengkulu ke tingkat nasional, yang bersumber dari para pelaku usaha pertanian dari 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

“Ini dalam rangka kita menunjukkan prestasi dan capaian dari para pelaku usaha pertanian. Jadi apa yang sudah mereka dapatkan atas prestasi kerja selama ini kita tampilkan ke nasional. Kemudian kita ingin menunjukkan keunggulan dari setiap daerah serta inovasi teknologi dan pertukaran informasi, sehingga kesejahteraan petani makin meningkat,” tutur Gubernur Rohidin Mersyah, usai meresmikan pembukaan PEDA KTNA Ke-XVI Provinsi Bengkulu 2018.

Disamping itu, lanjut Rohidin Mersyah, dengan teknologi dan inovasi baik di sektor pertanian, peternakan dan perikanan jelas akan mampu meningkatkan eksistensi petani Bengkulu baik ditingkat regional, nasional bahkan internasional. Sementara hal yang masih kurang dan memerlukan penanganan khusus dari semua sektor harus menjadi fokus kedepan kita bersama.

“Sebaliknya hal yang kurang, itu yang harus dilakukan pembinaan di lapangan. Yang melakukan itu tentu dinas instansi terkait dan PPL, itu yang harus turun, supaya kelamahan dari komuditas unggulan, dari pengetahuan keterampilan petani, inovasi program yang lemahnya dimana. Sehingga dengan PEDA ini timbul komitmen dan semangat baru membangun pertanian,” pungkasnya.(gmp).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.