Pemerintah Provinsi Bengkulu Terapkan Sistem Infomasi Kesehatan Berbasis IT

peluncuran aplikasi e-Kes, yang mendukung Sistem Informasi Pemerintahan berbasis IT (e-Gov Bengkulu).

Bengkulu, SM – Pemerintah Provinsi Bengkulu  melakukan pelayanan melalui basis tehnologi,  sebagai salah satu program  prioritas bidang  Transformasi dan Tata Kelola Permerintahan.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah  berharap, peluncuran aplikasi e-Kes, yang mendukung Sistem Informasi Pemerintahan berbasis IT (e-Gov Bengkulu). Dengan hadirnya aplikasi ini, diharapkan pemetaan sumber daya kesehatan di Bengkulu,  mulai dari Puskesmas, Rumah Sakit hingga level Provinsi Bengkulu, bisa di petakan dengan baik. Dari ketersediaan SDM di Puskesmas, sarana – prasarana peralatan hingga jenis penyakit yang ada.

Sistem informasi terpadu ini, telah diterapkan di 177 Puskesmas yang ada di Provinsi Bengkulu. Hanya dua Puskesma yang belum. Dilaksanakan . “Ini menjadi dasar untuk kita,  untuk membuat sebuah program dan kebijakan. Sehingga akan lebih terarah dan sistematis”, jelas Rohidin Mersyah, Senin (12/11).

Rohidin meninta, OPD lain juga dapat menerapkan hal yang sama. Menerapkan pola – pola pemerintahan berbasis web. Dimana satu dari lima program unggulan Pemprov Bengkulu adalah Transformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi.

“Sekarang mungkin baru 30 – 40 persen yang menerapkan itu.  Seperti e-perizinan, e-lapor, e-pengadaan barang. Saya kira banyak hal ini di masing – masing OPD bisa di kreasi dan diinovasikan agar lebih efisien pengelolaannya”, jelas Rohidin Mersyah  pada peluncuran Aplikasi e-Kes yang bertepatan dengan upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018. (MC)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.