Pemprov Bengkulu Launching Cyber Incident Response

Perkuat Pertahanan Keamanan Siber Daerah

Launching Bengkulu Prov-CSIRT

Bengkulu, SM- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), membentuk Cyber Incident Response Team Provinsi Bengkulu (Bengkulu Prov-CSIRT).

Ini untuk memperkuat pertahanan daerah terhadap serangan-serangan Siber. Bersama Deputi Penanggulangan dan Pemulihan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Mayor Jendral TNI Yosef Puguh Eko Setiawan, Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah launching Bengkulu Prov-CSIRT, acara digelar room Hotel Mercure Bengkulu, Rabu (19/5/2021).

Bengkulu Prov-CSIRT merupakan sebuah tim yang bertanggungjawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan Siber. Tim ini bertujuan untuk melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem atau data atas insiden keamanan Siber yang terjadi pada Organisasi Pemerintahan Daerah.

Sambutan Wagub Bengkulu.

Tim ini juga melakukan pencegahan insiden, dengan cara terlibat aktif pada penilaian dan deteksi ancaman, perencanaan mitigasi dan tinjauan atas arsitektur keamanan informasi.

“Hari ini kita launching Bengkulu Prov-CSIRT. Tentu ini menjadi PR (Pekerjaan rumah-red)  yang besar bagi Kominfo dan Pemerintah Provinsi Bengkulu, untuk pengembangan ke daerah-daerah. Kita berharap daerah juga ada pengembangan, guna menangkal pelanggaran-pelanggaran di dunia Siber ini. Saya Wakil Gubernur dan gubernur, sangat mendukung fasilitas Kominfo dan akan kita anggarkan ke depan”  ungkap Wagub Rosjonsyah.

Guna menuju good and clean governance, Wagub tegaskan, Pemprov Bengkulu akan melakukan digitalisasi melalui aplikasi pendukung OPD, selain membuat command center.

“Dampaknya akan luar biasa. Indikator pemerintahan akan meningkat seperti SPIP, SAKIP dan   APIP. Semuanya jelas. Ini yang kita harapkan ke depan ada perubahan dari OPD. Saya yakin dan percaya, kalau sudah pakai digital akan mudah semua. Contoh saja, kita rapat di masa pandemi Covid-19 inikan tidak bisa secara tatap muka. Secara virtual, video converence. Jadi dimudahkan dengan digitalisasi”.

Apresiasi

Deputi Penanggulangan dan Pemulihan BSSN, Mayor Jendral TNI Yosef Puguh Eko Setiawan memberikan apresiasi kepada Pemprov Bengkulu.  Khususnya Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi, atas diluncurkannya Bengkulu Prov-CSIRT ini.

Provinsi Bengkulu ini jelasnya, merupakan salah satu dari 13 provinsi prioritas nasional yang di tahun ini menjadi yang kedua dilaunching. Pada penilaian tahun lalu, Provinsi Bengkulu juga masuk ke dalam lima besar sistem pemerintahan berbasis elektronik. Dirinya berharap akan lebih meningkat untuk ke depannya.

“Selamat kepada Bengkulu Prov-CSIRT. Selamat bertugas. Awal yang bagus dengan dukungan para pemangku kepentingan Bapak Gubernur, Wakil Gubernur juga Sekda. Mudah-mudahan, sistem, aplikasi dan pelaksanaan tugas semuanya berjalan dengan baik”, ujar Mayor Jendral TNI Yosef Puguh Eko Setiawan. (rls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.