Pencanangan Pemanfaatan Lahan Perkarangan di Provinsi Bengkulu

Wagub Bengkulu Dedy Ermansyah saat menyerahkan bantuan Pemerintah/

Bengkulu, SM– Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah mencanangkan Kampanye Pemanfaatan Pekarangan dan Konsumsi Olahan Pangan Lokal, dalam memperingati Hari Pangan Sedunia  ke-39 tingkat Provinsi Bengkulu.

Acara berlangsung di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Senin (21/10/2019), yang ditandai dengan penabuhan Dhol bersama pelepasan balon keudara. .

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DTP) Provinsi Bengkulu ini menyampaikan sambutan Gubernur Bengkulu, DR H Rohidin Mersyah. “Pemanfaatan lahan pekarangan adalah langkah strategi yang tepat, untuk memenuhi ketersediaan pangan menuju kemandirian pangan sampai ketingkat rumah tangga. Pada akhirnya nanti akan menuju swasembada pangan”, ujar Wagub Dedy.

Langkah strategi ini katanya, harus kita lakukan dengan baik dan sungguh-sungguh. Mengingat kebutuhan pangan Provinsi Bengkulu  semakin lama semakin meningkat dan sulit di dapat,

Kegiatan pemanfaatan pekarang ungkapnya, untuk mengoptimalkan fungsi pekarangan rumah tangga. Sebagai sumber pangan keluarga dan mendorong konsumsi pangan rumah tangga kearah pola konsumsi beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Di wilayah Provinsi Bengkulu sudah ada percontohan untuk pemanfaatan pekarangan, yakni kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) serta pemanfaatan pekarangan terpadu”.

Gubernur Bengkulu berharap, kegiatan ini akan berkembang kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial, dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari, menuju keluarga dan masyarakat yang sejahterah. INi disampaikan dihadapan para Asisten dijajaran Pemprov Bengkulu, unsur Forkompinda Provinsi. Perwakilan dari kabupaten dan kota Bengkulu. Kepala Dinas Ketahan Pangan Provinsi Bengkulu serta Kelompok Tani Nelayan Andalan, termasuk Kelompok Wanita Tani penerima manfaat kegiatan KRPL Kabupaten Bengkulu Tengah.

Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam keperduliannya, sempat menyerahkan bantuan kepada Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Kelompok Wanita Tani penerima manfaat kegiatan KRPL Kabupaten Bengkulu Tengah.(mc)

 

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.