PUPR Konsultasi Masterplan Pengembangan Wisata Pantai Panjang

Suara Melayu, Bengkulu – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu bersama  PT Cipta Wahana Konsultan,  gelar konsultasi publik master plan pengembangan kawasan wisata Pantai Panjang, di kantor PUPR Provinsi Bengkulu, Senin (3/9).

Kegiatan ini untuk menghasilkan produk perencanaan induk terpadu,  pengembangan Pantai Panjang, yang dapat menjadi panduan teknis dan non teknis pelaksanaan kebijakan pembangunan berkelanjutan. Sehingga ini  menjadi panduan bagi Pemerintah Provinsi Bengkulu, dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur,  sarana dan prasarana di kawasan pariwisata Pantai Panjang.

Kegiatan konsultasi publik ini dibuka oleh Sekda Provinsi Bengkulu,  Nopian Andusti.  Aktivitas di Pantai Panjang jelasnya,  tiap tahun berkembang secara signifikan. Namun perkembangannya seperti tanpa arah, yang berakibat  destinasi wisata andalan Provinsi Bengkulu ini belum tertata dengan baik.

“Maka dari itu, dibutuhkan masterplan  perencanaan pembangunan,  sehingga memiliki arah pengembangan yang  jelas. Jadi siapapun yang membangun Pantai Panjang, sudah ada arah yang jelas dengan adanya masterplan ini”, papar  Nopian Andusti.

Rencananya, kawasan pariwisata Pantai Panjang  akan dikembangkan kurang lebih panjangnya 20 Km. Mulai  dari Muara Jenggalu hingga Muara Sungai Hitam Kota Bengkulu.

Dalam master plan yang dipaparkan pihak PT  Cipta Wahana, sebagai konsultan perencana,  Pantai Panjang akan dibagi dalam  tujuh zonasi. Tiap zonasi akan dibangun Cluster Taman, dengan tema yang berbeda-beda, yaitu Taman Musik Rafflesia,  Taman Wisata Layar,  Taman Wisata Buah,  Taman Wisata Bugar,  Taman Potret,  dan Taman Nonton Bareng (Nobar).  Cluster ini akan dihubungkan dengan  jogging track, sehingga menjadi satu kesatuan.

Kepala Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Bengkulu, Melky Rusera Saputra mengatakan,  Kementerian PU tahun ini sedang melakukan penyusunan Detail Engineering Design (DED), untuk kawasan Pantai Pantai. Jika disetujui, tahun depan akan mulai dilakukan penataan Pantai Panjang dari kawasan Pasir Putih Hingga ke kawasan Hotel Raffles City”,  kata Melky.

Kawasan ini nantinya, juga akan dilakukan penataan ruang terbuka hijau, yang dilengkapi dengan area parkir,  pedestrian,  tempat olahraga, kios pedagang,  mushola,  toilet serta  container sampah.  “Ini sebagai tindaklanjut kunjungan Pak Menteri PUPR Tahun 2017 yang lalu”, imbuhnya. (gmp).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.