Raja Agung II Buka Festival Tabut Bencoolen 2019

Festival Tabut Bencoolen di Bumi Raflesia, Sabtu malam.

Bengkulu, SM – Festival Tabut Bencoolen Bumi Rafflesia  dibuka Sabtu malam (31/08/2109), oleh Raja Agung II yang juga Gubernur Bengkulu, DR H  Rohidin Mersyah.

Hadir dalam pembukaan itu Menteri Pariwisata Republik Indonesia (RI) yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Callender of Event Kementerian Pariwisata RI, Esti Reko Astuti dan perwakilan Menteri Polhukam RI. Pembukaan kian meriah, karena  dihadiri Gubernur Sumatera Selatan,  yang diwakili oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kadis Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

Tampak para anggota DPD RI Dapil Bengkulu bersama  para bupati, wali kota.  Termasuk Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri serta  Unsur Forkopimda dan OPD Provinsi Bengkulu yang menyaksikan  Pembukaan festival Tabut yang kini  masuknya Top 30 Callender of Event Kementerian Pariwisata RI.

Festival ini jelas  Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan, merupakan Icon Pariwisata Provinsi Bengkulu. “Kami atas nama Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu merasa bangga memiliki budaya Tabut yang di gelar setiap tahun. Festival Tabut ini merupakan icon pariwisata terbesar di Provinsi Bengkulu”, ungkapnya.

Ini juga dikatakan  Ketua Keluarga Keturunan Tabut (KKT) Mamu Syahril Syahboedin. Dirinya bersyukur terlaksananya festival. “Perlu kita syukuri bahwa Festival Tabut kali ini masuk dalam top 30 Callender of Event. Namun yang perlu kita sampaikan,  bahwa sedikit sekali orang yang mengetahui tentang falsafah, filosofi dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Tabut itu sendiri”,  terang Mamu usai menyaksikan Tari Kolosal Jari-Jari Karbala, nyanyian Lagu Mufakat Rajo Bengkulu, Tarian Seni Malabero serta Nyanyian Karbala. Meskipun  ramai dan padat para pengujung, pembukaan berlamgsung aman, lancar dan sukses.

Apresiasi juga datang dari Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya melalui oleh Staf Ahli Menteri Bidang Callender Of Event Kemenpar RI,  Esti Reko Astuti, kalau Bengkulu sudah memiliki atraksi, budaya dan wisata yang sangat luar biasa.

Hal itu membuat Raja Agung II, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan,   bahwa ditahun ini perayaan Festival Tabut tidak hanya sebatas tampilan-tampilan budaya, dengan karya dan bermakna. Festival Tabut kali ini juga diperkaya dengan budaya dari mancanegara. Ada tampilan dari sembilan kabupaten satu kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Termasuk tampilan dari sanggar seni yang ada. (ck)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.