Rohidin Mersyah Berharap Ekspansi Gerai Maritim di Bengkulu

Menteri- Plt Gubernur saat bersama Mendag RI.

Berita Terbit, Jakarta – Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah berharap sinergi Tol Laut – Udara dengan gerai maritim, dinilai mampu memangkas disparitas harga antar daerah, serta mampu meningkatkan ketersediaan logistik.

Ini disampaikan Rohidin Mersyah saat bertemu Menteri Perdagangan RI,  Enggartiasti Lukito di Jakarta, Kamis (8/11).  Pada Mendag Enggartiasto, dipaparkan geografis Bengkulu yang  tujuh  kabupatennya berada di wilayah pesisir.

Diharapkan, dengan adanya  ekspansi program Gerai Maritim yang disinergikan dengan Tol Laut,  yang telah menjangkau Enggano, pulau terluar Bengkulu. Menghadirkan barang dengan harga yang terjangkau,  untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Terutama pada masyarakat kawasan pesisir. Ini merupakan upaya yang sesuai dengan konsep program prioritas pertama, tentang  pengentasan kemiskinan dan peretasan daerah tertinggal.

“Tol laut ini kita yakini,  akan terus berkembang.  Sehingga rutenya nanti menghubungkan pelabuhan-pelabuhan di Provinsi Bengkulu. Tujuh kabupaten kita berada di wilayah pesisir. Saya rasa program Gerai Maritim sangat sesuai, ketika bisa diterapkan untuk Provinsi Bengkulu”,  kata  Rohidin usai bertemu Mendag RI.

Menjadi Perangsang  

Selain untuk menghadirkan barang dengan harga yang terjangkau, Gerai Maritim yang pelaksanaannya memanfaatkan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, untuk angkutan barang dengan tarif kompensasi, akan menjadi perangsang produk lokal maupun komoditas Bengkulu berdaya saing.

“Angkutan yang tersedia tidak hanya mengantar barang saja. Nanti harapannya kita isi dengan produk-produk kita juga. Makanya, produk lokal kita juga harus miliki daya saing. Penguatan komoditas jelas terangsang,  ketika jalur distribusi dan pasarnya tersedia”, jelas Rohidin.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Lierwan yang mendamping Plt Gubernur Bengkulu mengatakan, secara teknis, konsep Gerai Maritim untuk Bengkulu akan dibicarakan lebih lanjut, bersama Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri. “Nanti kita bicarakan lebih lanjut,  bagaimana teknisnya. Kita juga perlu menyiapkan komoditas yang didukung dinas kabupaten,  hingga infrastruktur yang dibutuhkan”, kata Lierwan.

Selain berbicara soal Gerai Maritim dan beberapa program, dalam kesempatan itu jajaran Pemprov Bengkulu juga menyampaikan pagelaran Bengkulu Expo 2018 dalam rangka Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu ke-50.  “Tadi Plt Gubernur Rohidin apresiasi revitalisasi pasar oleh Kemendag di Bengkulu Utara. Tadi  juga sampaikan undangan untuk Bengkulu Expo. Pak Menteri berminat hadir, namun masih menyesuaikan jadwalnya”,  ujar Lierwan. (MC)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.