RSKJ Soeprapto Jadikan Provinsi Bengkulu Sehat Jiwa

Suara Melayu  Bengkulu –  Pemerintah Provinsi Bengkulu  dalam rangka hari kesehatan jiwa melalui Rumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Bengkulu, menyelenggarakan pertemuan dengan seluruh Kepala SMA sederajad Se- Provinsi Bengkulu, Senin (15/10).

Sosialisasi ini dalam pelayanan kesehatan jiwa masyarakat, khsususnya kepada siswa – siswa SMA sederajad, dengan  narasumber Kasubdit Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI,  Lina R Mangaweang.

“Kedepan kita berharap,  pihak rumah sakit ini lebih mensosialisaikan lagi.  Karena masih banyak kesalahan presespsi tentang keberadaan RSJKO. Banyak yang beranggapan bahwa rumah sakit  jiwa itu, khusus untuk menampung orang – orang sakit jiwa. Padahal tidak selamanya seperti itu”,  jelas  Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti.

Persepsi masyarakat selama ini, RSJKO  hanya untuk orang – orang yang memilki gangguan mental atau kejiwaan.  Padahal ini merupakan rumah sakit,  dimana pemulihan maupun memelihara kestabilan mental, emosi serta kesehatan jiwa secara umum. Bukan secara konteks khusus mengobati atau memilihara orang – orang gila saja.

“Kadang – kadang saat emosi kita tidak stabil, kita butuh sebenarnya pelayanan kesehatan, untuk pemulihan mental kita. Tapi ini belum banyak kita lakukan”.

“Mudah – mudahan melalui kegiatan sosialisasi seperti ini, pemahaman masyarakat kita terhadap keberadaan RSKJ ini akan lebih baik lagi, dan lebih paham secara komprehensif”, jelas Nopian Andusti.

Kepala RSKJ Soeprapto Bengkulu , Chandrianiy Puri menjelaskan,  selain mensosialisasikan tentang keberadaan RSKJ Soeprapto dalam rangka pelayanan kesehatan jiwa  pada masyarakat, kegiatan  ini juga dilakukan MoU,  guna menjadikan Provinsi Bengkulu sehat jiwa dan jasmani.

“MoU ini tentang pelayanan kesehatan jiwa pada SMA dan Madrasah Aliyah sederajad di kabupaten/kota Se-Provinsi Bengkulu, oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan pihak terkait. Sehingga,  ada keberlanjutan untuk menjadikan Provinsi Bengkulu sehat jiwa bagi penduduk Provinsi Bengkulu”,  jelas Chandrianiy Puri. (MC Humas Pemprov)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.