Siap-Siap Seni Budaya Mukomuko dan Kaur 2020

Infrasturuktur Tetap Digalakan, Seni Budaya Lokal Juga Prioritas

Gubernur. Rohidin Mersyah,

Bengkulu, SM- Masyarakat Kabupaten Mukomuko dan Kaur diminta  persiapkan seni budaya lokal daerahnya, menjelang event-event  kesenian dan kebudayaan Tahun 2020 nanti.

Ini merupakan kesempatan emas bagi Provinsi Bengkulu, untuk berperan dalam pembangunan seni dan budaya pada tingkat nasional dan internasional. Apalagi secara historis,  Provinsi Bengkulu punya irisan kental dimanca negara khususnya.

Membangkitkan seni budaya lokal ini ditegaskan Gubernur Bengkulu, DR H Rohidin  Mersyah  saat di lapangan sportcenter Pantai Panjang Bengkulu, usai bercengkrama dengan peserta dan delegasi Gerakan Teknologi Tepat Guna Nasional, Minggu (23/09/2019)

Dirinya tegas   Gubernur  Rohidin,   akan meminta Kadis  Pariwisata  dan Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, untuk menginventarisir dan melakukan koordinasi dengan masyarakat adat dan pengiat seni budaya lokal di Kabupaten Kaur  dan Mukomuko. Tentunya akan melibatkan Pemerintah Kabupaten setempat.

“Ini merupakan momentum, dimana dalam dua tahun terakhir,  seni dan budaya yang ada di Provinsi Bengkulu menjadi perhatian berbagai pihak diluar provinsi. Masyarakat  Kaur dan Mukomuko persiapkanlah  seni dan  budayanya untuk kita gaungkan. Nantinya seni dan budaya Kabupaten Kaur dan  Mukomuko  akan ditampilkan bersama seni budaya kabupaten  lainnya. Termasuk karya kuliner lokal setempat”, jelas Gubenur  Rohidin .

Menjawab pertanyaan, kenapa gubernur perhatian terhadap  Seni dan  budaya lokal di Provinsi Bengkulu?  Karena seni budaya itu menunjukan masyarakat  Bumi Rafflesia ini beradap dan beradat.  Bila hal itu dikelola, diprromosikan dengan baik, maka hasilnya seperti saat ini, Provinsi Bengkulu menjadi perhatian. Apalagi Suku Mukomuko dan Pekal bersama budaya unsur serapannya dari Jawa, Batak dan Padang kini sudah berkolaborasi dalam seni dan budaya.

Hal itu juga tejadi di Kabupaten Kaur. Kabupaten kata Gubenur Rohidin yang saat zaman koloni Belanda berkontibusi nbusi sebagai penyokong beras untuki daerah lainnya. “Prinsipnya, pembangunan infrastruktur terus kita bangun, seni dan budaya kita angkat. Saya mengajak seluruh pecinta muatan lokal, mari ikita angkat arai terandam ini tinggi-tinggi, untuk Provinsi Bengkulu tercinta. (ck)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.