SOP Perda dan Pergub Provinsi Bengkulu Minta Diperjelas

Sekdaprov Bengkulu, Nopian Andusti, memberikan masukan pada peserta sosialisasi.

Bengkulu SM – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Bengkulu, Nopian Andusti mengatakan, Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Gubernur (Pergub) Bengkulu perlu disusun dengan cermat dan penuh pertimbangan. Ini agar menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Bukan semata-mata banyak menghasilkan Perda dan Pergub, itu merupakan suatu bentuk keberhasilan”, tegas Sekdaprov saat  membuka sosialisasi penggunaan aplikasi dan rapat finalisasi penyusunan program pembentukan Perda,  serta program pembentukan Pergub Tahun 2020 di Raffles City Hotel, Senin (02/09/2019).

Perda dan Pergub itu merupakan kebutuhan. Untuk mengatur apa saja yang akan kita atur. Bukan suatu bentuk keberhasilan kinerja. Jika perlu kata Sekdaprov,  peraturan jangan terlalu banyak begitupun dengan persyaratan. “Sekarang bukan zamannya lagi. Lebih baik simple, cepat dan aman itu lebih baik, agar daerah ini cepat berkembang”.

Sekdaprov Nopian mengingatkan, Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan dalam pengajuan Perda dan Pergub, harus diperjelas. Ini  agar tidak ada salah prasangka dalam proses pengajuannya. Sebab, sering terjadi saling tunjuk, ketika proses tersebut dilakukan lamban. Ini penting, agar jelas tidak saling lempar siapa yang lamban dan salah dalam prosesnya. “Nantinya jika sudah diterapkan sesuai SOP, akan ketahuan dimana letak permasalahannya”, jelasnya

Kurang  terkoordinasi sesuai jadwal ini juga diakui Kepala Biro Hukum dan HAM Setda Provinsi Bengkulu Supran.  Karena itu Biro Hukum dan HAM Pemrov Bengkulu  melakukan terobosan dengan membuat aplikasi, agar memudahkan setiap proses penginputan data. Sehingga efektif dan efisien. (ck/mc)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.