Tabut Tebuang Dilepas PLT Gubernur Bengkulu

Suara Melayu, Bengkulu – Plt  Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi FKPD dan  jajaran Pemerintah Provinsi, melepas arak – arakan prosesi ritual Tabut Tebuang 2018 di halaman Gedung Daerah, Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis (20/9).

Dalam sambutannya, Rohidin Mersyah mengatakan, Festival Budaya Tabut 2018, merupakan sebuah event budaya yang telah mengakar di setiap masyarakat Bengkulu, yang mampu untuk mempersatukan kebersamaan seluruh masyarakat Bengkulu.

“Kedepan kita berharap Festival Tabut akan semakin meriah. Akan semakin mendunia dengan nilai-nilai budaya, yang mencerminkan kebersamaan masyarakat Provinsi Bengkulu”,  ujar Rohidin.

Festival Tabut 2018 ini usai  terselenggara dengan baik dan lancar. Namun tetap diperlukan perbaikan-perbaikan, agar event ini dapat mengangkat Bengkulu ke dunia Internasional. “Kita harapkan, agar kedepan betul-betul bisa menjadi sebuah agenda wisata. Agenda festival yang memang layak untuk kita jual dalam skala nasional maupun internasional”, jelasnya.

Sebelum berangkat menuju Karabela, tempat Tabut Tebuang, Rohidin mengingatkan, agar rombongan arak-arakan Tabut tetap menjaga ketertiban serta keamanan jalannya prosesi akhir Festival Tabut ini. Tetap memperhatikan hak-hak pengguna jalan lainnya.

“Agar prosesi Tabut ini betul – betul mencerminkan kearifan lokal Bengkulu, dalam nuansa kekeluargaan kebaikan dan kedamaian”, ujarnya saat pelepasan Tabut tebuang, yang ditandai dengan pengibaran panji oleh Plt Gubernur didampingi Ketua KKT Bengkulu Syiafril Syahbudin.

Plt Gubernur beserta rombongan sempat mengikuti arak-arakan Tabut Tebuang,  dengan berjalan kaki hingga depan gerbang lokasi pembuangan Tabut di Karabela. (/ADVgmp).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.