Telong-Telong Semarakan Festival Tabut 2019

Salah satu dari peserta ikan-ikan bergoyang mengikuti lagu dan musik.

Bengkulu, SM – Telong-telong kian semarakan Festival Tabut 2019. Ribuan pengunjung dari berbagai daerah,  padati Kecamatan Teluk Segara yang berpusat di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu.

Pagelaran telong-telong atau lomba Ikan – Ikan pada malam ini, Jumat (06/09) berlangsung dengan keriuhan penonton. Masih tampak filosofi ikan-ikan yang berlangsung sejak zaman dahulu, yang menunjukan betapa kayanya Kota Bengkulu akan hasil lautnya. Hanya saja saat ini berbagai jenis hewanpun juga ikut ditampilkan, menambah kemeriahan dan kesemarakan festival.

Selain ikan, tampak  katung (Penyu), buaya dan Singa ikut dalam pementasan yang merupakan kreatifitas dari para peserta Lomba Ikan – Ikan tahap ke-II. Untuk ikan-kan sendiri ada penampilan ikan tuna, ikan adu (Cupang), ikan louhan, dan ikan senangi. (Seloroh Bengkulu: Kecik Ikan Senangi, Kalu Gedang Ikan Kurau. Kecik  Enyo Menagis, kalu Gedang Pecci Nyerau)

Ikan-Ikan sendiri adalah sebuah bentuk permainan rakyat yang lakukan secara turun temurun. Replika dibuat dari kertas, rotan, bambu dan kertas warna – warni yang dibentuk menyerupai ikan. Dalam penampilannya dilengkapi dengan iringan musik, penari dan penyanyi. Ikan-ikan akan menari sesuai irama dan lagu yang dimainkan.

“Kriteria yang kami amati dan kami nilai adalah keindahan dari bentuk Ikan itu sendri, Berbagai jenis ikan yang ada di Laut Bengkulu ini, keindahan, kemiripannya itu yang utama. Selajutnya  sinkronnya antara musik dan tari, juga nyayian yang khas dalam permainan rakyat Ikan – Ikan ini”,  jelas  Mardin Soni Sair, salah seorang juri,. (ck/mc)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.