Tim APPSI Ekspedisi Jalur Darat Tandangi Bengkulu

BeritaTerbit, Bengkulu – Tim Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Ekspedisi Jalur Darat 2018, bertandang ke Bengkulu, Sabtu (29/9). Jalan yang ada di Bengkulu dinilai sama dengan jalan kampung di Pulau Jawa.

Kedatangan tim yang terdiri dari 34 Gubernur Se-Indonesia ini,  disambut Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di Gedung Daerah, Balai Raya Semarak Bengkulu. Ini merupakan provinsi Ke – 9 yang dikunjung Tim APPSI, usai tanggal 7 September lalu, start dari Provinsi Aceh.

Ekspedisi Jalur Darat 34 gubernur  ini,  digagas untuk mencari benang merah dan titik temu potensi antar provinsi, yang kemudian dapat saling disinergikan satu sama lain. Ekspedisi akan menempuh waktu selama 5 bulan ini, selain menemui 34 gubernur di ibukota provinsi, juga akan berkeliling, mengekspos inovasi dan kebijakan unggulan di berbagai daerah  Se-Indonesia.

Plt Gubernur Bengkulu, menjelaskan  potensi daerah yang dimiliki Bengkulu.  Pengembangan Pelabuhan  Pulau Baai, sebagai beranda ekonomi baru di kawasan Barat Sumatera, menjadi salah satu point yang disampaikannya. Pelabuhan yang didukung  lahan seluas 1200 hektar ini  akan dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Gubernur Rohidin juga memaparkan potensi Sumber Daya Alam, berupa energi panas bumi  yang banyak dimiliki Bengkulu. “Pemetaan energi nasional harus melihat,  bahwa di Bengkulu ada sesuatu yang besar. Sumber Daya Alam itu perlu lebih  dieksplorasi, dalam rangka pemenuhan kebutuhan energi nasional”.

Hasil bumi yang ada, perlu pendampingan dalam hal pemasaran yang dilakukan secara modern. Karena hal itu dinilai,  akan mampu meningkatkan pendapatan, yang berdampak pada kesejateraan para petani.

“Dengan kita menyampaikan, bagaimana membuka keterisolasian Bengkulu dan pengembangan ekonomi makro Bengkulu, kemudian bagaimana membangun pengembangan  infrastruktur strategis pelabuhan,  saya kira akan menjadi bahan analisa APPSI. Sehingga menjadi dasar kebijakan nasional”,  pungkasnya.

Menurut  Team Leader Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur APPSI, Kiagus Firdaus  berjanji akan menyuarakan hasil audiensinya bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu ini ke tingkat pusat.  “Insya Allah akan kami angkat,  termasuk tourismnya”,  ujar Kiagus.

Salah satu  perhatian timnya melakukan ekspedisi jalur darat ini jelas Kiagus,  adalah infrastruktur jalan di Provinsi Bengkulu. Seperti yang dilaluinya dari Pagar Alam hingga ke Bengkulu Tengah, yang menurutnya seperti jalan kampung di Pulau Jawa.  “Akan kami sampaikan ke pemerintah pusat,  mungkin pembangunan jalan segera direalisasikan”,  katanya.(gmp).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.