Tokoh Iran Datang Lagi Ke Bengkulu Untuk Tabut

Tamu dari Iran disambut pejabat Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Bengkulu, SM – Kebudayaan Tabut Bengkulu yang digelar 1-10 Muharam, selalu menarik perhatian tokoh Iran unuk berkunjung ke Kota Bengkulu.

Seorang anggota Majelis Ahli Republik Islam Iran, Ayatullah Dr. Mohsen Qummi hadir di Bumi Rafflesia pada Minggu (8/9/2019). Termasuk  Proffesor Filsafat Islam beserta Direktur Pusat Budaya Islam,  Dr. Hakimullah Ilahi bersama dua asistennya;  Mereka ingin menyaksikan  perayaan Tabut,  sekaligus bersilahturahmi dengan pejabat, tokoh masyarakat dan warga Bengkulu.

Sambutan dilakukan Asisten III Gotri Suyanto beserta Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu di Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Padang Kemiling.

Ayatullah Mohsen sempat menyataka rasa  terkesan dan mengapresiasi perayaan Tabut yang dilakukan masyarakat Bengkulu sudah mendunia. Karena itu mereka dari Iran ingin melihat langsung perayaan Tabut di Bengkulu ini. “Kami apresiasi dan sangat tertarik serta senang ada budaya Tabut di Bengkulu”.

Diungkapkan Ayatullah Mohsen, perayaan Tabut yang dilakukan di Bengkulu berbeda dengan apa yang dilakukan masyarakat Islam di Iran. Menurut pakar hubungan Internasional negara Iran ini, ritual Tabut Bengkulu sangat khas dan memiliki perpaduan budaya yang menarik.

Mereka berharap, kehadiran mereka di Bengkulu ini dapat lebih mempererat hubungan masyarakat Iran dengan masyarakat Bengkulu. Terlebih lagi, adanya kesamaan budaya Iran dan Bengkulu.

Untuk itu, mereka ingin menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu mengenai pengembangan budaya. “Iran siap membantu dalam bentuk kerjsama pengembangan budaya Tabut dan promosi pariwisatanya secara internasional”, ungkapnya.

Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan tegaskan,  Pemerintah  Provinsi Bengkuiu menyambut baik kedatangan rombongan dari Iran ke Bengkulu. Dia berharap, kedatangan delegasi Iran ini dapat memeriahkan perayaan Tabut dan dapat memberikan suport bagi kemajuan budaya di Bengkulu ini.

“Pemerintah Provinsi Bengkulu berharap, dengan kehadiran delagasi Iran ini dapat menjadi nilai tambah dari festival Tabut, serta dapat membuka kerjasama di bidang pendidikan seni dan budaya”. (mc)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.