Urus SIM dan SKCK Wajibkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Bengkulu, SM – Kepolisian Resor Bengkulu mengeluarkan kebijakan baru. Masyarakat yang ingin membuat, memperpanjang SIM dan SKCK wajib mendapatkan pelayanan dokumen administrasi, dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol. Sudarno, mengatakan,  kebijakan ini mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

“Ini mulai tanggal 21 Juni 2021, bagi masyarakat kota Bengkulu yang ingin membuat SKCK, SIM dan surat-surat lainnya di Polres Bengkulu, wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19”  jelasnya, Jum’at (18/06).

Dalam  pasal 13 A (4) Prpres itu disebutkan,  setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19, yang tidak mengikuti vaksinasi Covid-19, sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikenakan sanksi administratif berupat  a. Penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial, b. Penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintah, dan atau c. Denda.

Sesuai Perpres yang ada jelas Sudarno, yang dikenakan sanksi itu apabila mereka yang sudah menjadi target vaksin, tetapi tidak mengikuti vaksin. Bagi mereka yg belum menjadi target vaksin  atau bagi masyarakat yang tidak bisa di vaksin karena tidak memenuhi syarat untuk divaksin, mungkin  karena ada penyakit tertentu, juga tidak diberikan sanksi sesuai Perpres.(rls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.