Ust. Abdul Somad : Korelasi Agama dan Politik Tak Bisa Dipisahkan

JAKARTA, beritaterbit.com – Menjelang pesta demokrasi, banyak tokoh agama hingga politik bermunculan untuk melakukan dakwah di berbagai daerah. Dalam ceramah yang mereka sampaikan justru mengundang polemik dari berbagai pihak.

Menanggapi fenomena tersebut, Ustaz Abdul Somad (UAS) menilai korelasi agama dan politik merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan.

“Memisahkan agama dari politik sama saja memisahkan agama dengan jual beli,” ujarnya usai mengisi Tabligh Akbar Islamic Book Fair (IBF) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (19/4).

Ia mencontohkan, agama dengan pernikahan, jual beli pernikahan politik merupakan bagian dari kehidupan. Di mana, agama hadir untuk mengatur kehidupan.

“Kalau agama hanya berbicara tentang mati tentang kubur, lalu apa fungsi dari agama? ayat paling panjang surat Al Baqarah ayat 282 tentang jual beli utang piutang,”ucapnya.

Kemudian, ustaz asal Pekanbaru ini juga mencontohkan agama dari bisnis. Artinya agama tidak bisa dilepaskan dari kehidupan.

“Allah menurunkan agama untuk way of life jalan hidup, bagaimana saya menjalani hidup saat berpolitik, bagaimana saya menjalani hidup saat menikah dan berinteraksi sosial itu dengan acuan dan panduan agama, ungkapnya.

Dalam memberikan tausiyah, lanjut dia, tidak pernah mengurangi isi materi ceramah.

“Saya tetap bicara, karena orang yang tak bicara sama dengan syaiton, syaiton itu bisu, tidak sanggup dengan tangan dengan lidah,” ucapnya.

Pagi itu Ustaz Abdul Somad hadir di ajang IBF 2018, mengisi tabligh akbar di IBF, pukul 09.00 sampai jelang Zhuhur.

Sumber : Republika.co.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.